Breaking News:

Anggota DPRD Pertanyakan Efektifitas Semprot Disinfektan di Jalan Raya, Lebih Baik Rumah Warga Saja

Anggota DPRD Kota Medan Renville Napitupulu meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan agar fokus memutus mata rantai penyebaran virus Corona

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/GITA
ANGGOTA DPRD Kota Medan, Renville Napitupulu. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Anggota DPRD Kota Medan Renville Napitupulu meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Medan agar fokus dan tepat sasaran dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kota Medan.

Renville menyoroti adanya penyiraman disinfektan di sejumlah ruas jalan di kota Medan.

Ia menilai penyemprotan tersebut seharusnya bisa diutamakan ke rumah-rumah warga terlebih dahulu, terutama lingkungan atau rumah yang memiliki ODP atau pun PDP.

Dikatakannya selain untuk membuat masyarakat tidak cemas, hal tersebut pun lebih efektif, sebab jalan raya kota Medan katanya setiap hari terkena sinar matahari, sementara rumah-rumah warga yang menjadi tempat pulang saat bepergian seharian belum tentu seharian terkena sinar matahari.

Terkait masalah penyemprotan disinfektan, dirinya meminta bisa lebih fokus. Jangan hanya semangatnya saja namun harus dengan alasan yang kuat. Terkadang dirinya melihat petugas asal semprot pohon dan jalan pakai armada pemadam kebakaran pula.

"Tapi kalau saya lihat lebih penting menyemprot rumah masyarakat. Karena kalau jalan ini kan bisa kena matahari terus, mereka kan harus mempelajari itu. Yang saya tahu, virus ini dengan panas matahari dia tidak berkembang, jadi tidak perlu disemprot. Kenapa bukan rumah masyarakat saja yang mungkin tidak bisa ditembus sinar matahari yang disemprot," katanya, Rabu (25/3/2020).

Ia menegaskan bahwa semua upaya yang dilakukan Pemko seharusnya memiliki perhitungan dan kajian yang jelas, agar dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Ia mengatakan bahwa penanggulangan yang dilakukan setiap negara bahkan kota memiliki perbedaannya masing-masing, tentunya perbedaan tersebut mempertimbangkan karakteristik masyarakat ataupun kondisi alam yang mendukung.

"Dilihat dengan baik daerah-daerah mana yang harus memang di semprot, menyemprot pohon dan jalan kalau mereka rasa perlu ya silahkan. Tapi kan ada yang lebih penting, rumah masyarakat, sebab banyak rumah yang tak kena sinar matahari," katanya.

BARU Dibuka, RS Virus Corona Wisma Atlet Sudah Tampung 215 Pasien

Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tersebut juga mengaku bingung mengapa DPRD tidak dilibatkan dalam penanggulangan tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved