Kasus Covid19 di Sumut

Cegah Penyebaran Corona, Pengprov Wushu Sumut Ikuti Anjuran Latihan di Rumah

Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Sumut mengikuti anjuran dari KONI Sumut untuk merumahkan atlet yang tengah menjalani persiapan PON 2020

TRIBUN MEDAN/SOFYAN AKBAR
ATLET wushu yang lolos PON saat berada di Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengurus Provinsi (Pengprov) Wushu Sumut mengikuti anjuran dari KONI Sumut untuk merumahkan atlet yang tengah menjalani persiapan PON 2020 di Papua.

"Kita mengikuti aturan dari pemerintah yang menyatakan agar para atlet latihan di rumah," kata Sekretaris Pengprov Wushu Sumut, Heryanto, Sabtu (28/3/2020).

Ia mengaku beberapa waktu lalu, pihak KONI Sumut tengah menginstruksikan agar para atlet yang sedang menjalani Pelatda berjalan untuk melakukan latihan sendiri di rumah.

Karena hal itu, katanya, dirinya menginstruksikan kepada para pelatih agar menyuruh atlet untuk latihan di rumah dan tetap memonitoring latihan mereka.

"Jadi para atlet wushu baik sanda ataupun taolu melakukan latihan sendiri di rumah dan mengirimkan video latihan mereka ke WhatsApp grup yang sudah dibuat," terangnya.

Mengenai apakah cara begitu maksimal, Heryanto menyatakan mau bagaimana lagi, kondisinya sekarang mengharuskan seperti itu.

Lagipula, katanya,  yang melakukan hal seperti itu bukan hanya Sumut saja melainkan seluruh Indonesia.

Delapan Perjalanan Kereta Api di Wilayah Divre I SU Dibatalkan, Berikut Rute-rutenya

"Jadi sebelum keadaan membaik, itu satu cara agar para atlet tidak kendur kembali otot-otot mereka yang sudah dilatih sebelumnya. Karena, kalau bagi seorang atlet yang tidak latihan, maka akan ada perubahan yang signifikan bagi kemampuan mereka," katanya.

Apakah ada jam tertentu yang mengharuskan para atlet wushu untuk latihan di rumah setiap harinya, pria yang akrab dipanggil Acek ini menyatakan tidak ada.

Yang penting, katanya, para atlet mengirimkan bukti berupa video yang mereka kirimkan ke grup.

"Kita kan tidak mengetahui kondisi mereka saat di rumah. Yang pasti, setiap hari harus ada mengirimkan video latihan sebagai bukti kalau mereka latihan secara mandiri di rumah," ujarnya.

Ia pun mengaku saat ini atlet tidak diperkenankan untuk latihan di Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) Sumut mengingat untuk melakukan pencegahan virus Corona (Covid-19).

Memang, ada empat atlet dan satu pelatih yang masih tinggal dan latihan di YKWI mengingat rumah mereka ada di daerah bukan Kota Medan.

"Karena tempat tinggal mereka jauh, makanya mereka standby di mess YKWI," ujarnya.(akb/tri bun-medan.com)

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved