Gara-gara Corona, Startup Unicorn Ini Hancur Lebur Hingga Nyatakan Bangkrut

OneWeb tidak dapat mengatur dukungan keuangan lebih lanjut dari SoftBank Group, salah satu pendukung terbesarnya.

Techcrunch.com
One Web 

Gara-gara Corona, Startup Unicorn Ini Hancur Lebur Hingga Nyatakan Bangkrut

TRIBUN-MEDAN.com - Bagi perusahaan-perusahaan rintisan (startup) pendanaan dari luar menjadi tumpuan dalam mengembangkan bisnis mereka.

Investasi dari berbagai pihak, baik individu maupun perusahaan menjadi salah satu penentu utama keberhasilan mereka membangun rintisan tersebut.

Namun, di tengah krisis wabah corona seperti saat ini, rasanya cukup aneh jika masih menemukan orang atau perusahaan yang rela menggolontorkan uangnya untuk berinvestasi di perusahaan rintisan.

Sialnya, bagi sebagian startup hilangnya sumber dana berupa investasi ini bisa berakhir pada berhentinya kegiatan usaha mereka.

Hal inilah yang kini dialami oleh perusahaan rintisan di bidang satelit telekomunikasi OneWeb.

Perusahaan yang nilai valuasinya mencapai AS$3,25 miliar (Bukalapak AS$2,5 miliar dan Traveloka AS$2 miliar) ini baru saja mengajukan perlindungan kebangkrutan di New York (27/3/2020).

"Perusahaan bermaksud untuk menggunakan proses ini untuk mengejar penjualan bisnisnya untuk memaksimalkan nilai perusahaan," kata OneWeb dalam rilis berita.

OneWeb memiliki 74 satelit di orbit Bumi rendah, dan setengah dari 44 stasiun bumi yang direncanakan selesai atau sedang dalam pengembangan.

Ia berencana untuk mulai menawarkan akses internet broadband di Kutub Utara tahun ini, dan memperluas layanannya ke seluruh dunia dengan ratusan satelit selama sekitar satu tahun ke depan.

Halaman
123
Editor: Royandi Hutasoit
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved