Pemko Medan Buka Pendaftaran Prakerja, Akses di prakerja.kemnaker.go.id, WA 082368446577

Warga Medan yang mendaftar berhak mendapatkan bantuan sebesar Rp. 3.550.000 dengan rincian Rp. 1 juta untuk pelatihan online

Tribun Medan
Syarat mendapat Kartu Prakerja dengan total Rp 3.550.000 

TRI BUN-MEDAN.com - Bagi warga Medan yang sedang mencari pekerjaan, dipecat atau di-PHK, begitupun yang dirumahkan karena pandemi Covid 19, dapat memperoleh dana bantuan pelatihan melalui kartu pra kerja.

Pemerintahan kota Medan telah membuka pendaftaran Kartu Pra kerja sejak 9 April lalu.

Ada pun persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin mendaftar yakni berstatus sebagai warga negara indonesia, usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Penerbangan Ketiga Hari Ini 120 TKI Asal Malaysia Tiba di Lanud Soewondo

Perlu diketahui bahwa Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai.

Singkatnya, semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Namun kartu ini diprioritas kepada pencari kerja usia muda.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan kota Medan, Hannalore Simanjuntak mengatakan awalnya, kartu pra kerja dianggarkan oleh kementerian ketenagakerjaan sebesar Rp.10 Triliun, namun dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang membuat banyak pekerja di PHK atau pun dirumahkan, maka kementrian menambah anggaran menjadi Rp. 20 Triliun.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan kota Medan, Hannalore Simanjuntak
Kepala Dinas Ketenagakerjaan kota Medan, Hannalore Simanjuntak (HO/tri bun medan)

"Pada awalnya kartu pra kerja ini dianggarkan oleh kementrian sekitar Rp. 10 triliun untuk khusus pencari kerja dan pendaftarannya bisa melalui online. Tetapi karena wabah Covid-19 ini Kementrian menambah anggaran nya menjadi 20 triliun. Lalu 20 triliun itu adalah untuk membantu pekerja yang di PHK atau dirumahkan baik formal maupun informal ada di web kita mengenai syarat-syarat pendaftarannya," katanya, Jumat (10/4/2020).

Lebih lanjut Hanna mengatakan semua pertanyaan seputar kartu Pra Kerja dapat diakses melalui prakerja.kemnaker.go.id atau pun langsung menghubungi dinas ketenagakerjaan kota Medan melalui nomor Whatsapp 082368446577 atau 085297197600, selain itu nomor tersebut juga dapat dihubungi apabila pendaftaran mengalami kesulitan saat mengisi formulir atau pun pertanyaan seputar kartu pra kerja. Tahun 2020 disediakan kuota juta pendaftaran seluruh Indonesia, dan Sumatera Utara mendapat kuota 180 ribu.

"Ketenagakerjaan kota Medan sudah membagikan informasi ini ke media sosial, supaya warga Kota Medan yang termasuk ke dalam kriteria yang dimaksud bisa mendaftar.

Ada juga nomor whatsapp dari dinas ketenagakerjaan yang bisa membantu mengisi formulir.

Halaman
123
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved