Breaking News:

Sudah Terima Bantuan, Pemko Medan Segera Distribusikan APD dan Rapid Test dari Pemprov Sumut

Diharapkan bantuan ini bermanfaat bagi para tenaga medis dalam menangani pasien yang terinfeksi Covid-19 di Kota Medan.

TRIBUN MEDAN/HO
JAJARAN Pemko Medan saat menggelar video teleconference dengan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Command Centre Balai Kota Medan, Selasa (14/4/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan telah menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dan rapid test yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut).

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution, mengatakan selanjutnya bantuan tersebut akan segera didistribusikan kepada rumah sakit rujukan yang ada di Kota Medan.

"Terima kasih atas bantuan APD dan rapid test yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumut. Bantuan itu akan kita distribusikan ke rumah sakit rujukan. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para tenaga medis dalam menangani pasien yang terinfeksi Covid-19 di Kota Medan,” kata Akhyar usai mengikuti video teleconference dengan Gubsu Edy Rahmayadi di Command Centre Balai Kota Medan, Selasa (14/4/2020).

Selain penyerahan APD dan rapid test, Gubsu juga minta kepada seluruh Bupati dan Wali Kota se-Sumut agar mengikuti perkembangan terkait penyebaran dan penanganan virus Corona.

Termasuk, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang merupakan alternatif terakhir.

Akhyar mengatakan, Provinsi Sumut sampai saat ini belum ada mengarah ke alternatif untuk penerapan PSBB dalam mengatasi sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di tengah-tengah masyarakat.

Meski demikian apa yang menjadi prinsip dalam PSBB sudah diterapkan, termasuk di Kota Medan.

WASPADA, Sudah Delapan Kecamatan di Medan Masuk Zona Merah Corona, Sisa Satu Kecamatan Zona Hijau

Akhyar menjelaskan, prinsip-prinsip dalam PSBB yang sudah diterapkan Pemko Medan saat ini diantaranya, terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar melaksanakan social distancing maupun physical distancing jika berada di tengah keramaian.

Kemudian membatasi pergerakan masyarakat dengan menutup sejumlah ruas jalan, serta mewajibkan masyarakat menggunakan masker jika terpaksa harus beraktifitas di luar rumah.

Khusus masker lanjutnya, Pemko Medan pun telah melaksanakan Gerakan Satu Juta Masker yang telah dilaksanakan mulai Sabtu (11/4/2020) lalu.

Melalui gerakan ini, Pemko Medan menyediakan satu juta masker yang dilakukan secara bertahap untuk dibagikan kepada masyarakat, terutama warga kurang mampu.

"Jadi setiap keluar rumah, warga kita minta menggunakan masker. Di samping itu juga kita pun selalu mengajak masyarakat untuk senantiasa membersihkan tangan dengan sabun dengan air mengalir maupun menggunakan hand sanitizer," pungkasnya.(cr21/tri bun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved