Breaking News:

Ramadhan 2020

Hilangnya Tradisi Pembagian Bubur Sup Khas Masjid Raya Al-Mashun karena Pandemi Covid-19

MENJALANI bulan suci Ramadan di tengah pandemi mungkin bagi sebagian besar umat muslim di dunia, tak pernah terbayangkan.

Tribun-Medan.com/Rechtin Hani Ritonga
Suasana pelataran Masjid Raya Al-Mashun di Hari Pertama Ramadan 1441 H, terdapat spanduk yang menyatakan ketiadaan pembagian bubur pedas yang biasa dilakukan setiap tahunnya akibat pandemi corona. 

MENJALANI bulan suci Ramadan di tengah pandemi mungkin bagi sebagian besar umat muslim di dunia, tak pernah terbayangkan.

Beberapa hal yang menjadi alasan untuk merindukan bulan puasa ini tentu adalah suasana dan tradisinya, terkhusus di berbagai wilayah.

Baik tempat-tempat ibadah yang semakin ramai, suara bacaan kitab suci yang menggema hingga larut malam, dan berbagai suasana yang erat dengan silaturahmi lainnya.

Namun di masa pandemi Covid-19, hal ini tak bisa lagi dirasakan.

Di Medan, sebuah tradisi yang sudah dilakukan turun temurun pada bulan Ramadan ada di ikon religius Kota Medan, Masjid Raya Al-Mashun.

Tradisi itu adalah kegiatan memasak bubur sup pedas khas dalam jumlah besar yang dibagikan secara cuma-cuma kepada warga sebagai menu berbuka puasa.

Namun, pada Ramadan tahun ini, tradisi tersebut harus ditiadakan. Hal ini karena memikirkan dampak yang akan terjadi. Jika pembagian bubur tetap dilakukan, tentu berpotensi besar mengundang keramaian.

Hal itu yang disampaikan oleh Muhammad Hamdan, satu di antara pengurus Masjid Raya Al-Mashun sekaligus juru masak bubur sup khas ini.

"Biasanya memang tiap tahun kita adakan, tapi tahun ini karena pandemi terpaksa kita tiadakan, karena memikirkan dampak yang terjadi," ujar Hamdan kepada Tri bun-Medan.com saat ditemui di Masjid Raya Al-Mashun Medan, Jumat (24/4/2020).

Hamdan kemudian bercerita, bahwa bubur khas ini merupakan tradisi yang sudah ada sejak dahulu.

Halaman
123
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved