Breaking News:

Penerapan Cluster Isolation di Medan

Tak Pakai Masker, Petugas Satpol PP Bariskan Warga di Pasar Sentosa Medan

Penggunaan masker amat perlu dilakukan di masa pandemi Covid-19 guna mengurangi tingkat penularan Covid-19, bahkan memutus rantai penularan virus.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
PETUGAS Satpol PP sedang melakukan pendataan warga yang tidak menggunakan masker di Pasar Sentosa, Medan. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Sejumlah warga Kota Medan dibariskan di areal Pasar Sentosa, Jalan Sei Kera Hilir, Kecamatan Medan Perjuangan, Senin (4/5/2020).

Penyebabnya, mereka tidak menggunakan masker saat berada di areal pasar. 

Warga yang tidak menggunakan masker di areal pasar Sentosa diberikan imbauan, diberikan masker, dan tindakan tegas dengan cara meminta Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pendataan.

Kasatpol PP Medan M Sofyan mengatakan, hal ini merupakan suatu bentuk efek jera agar warga kota Medan senantiasa mengindahkan imbauan pemerintah.

"Jadi hari ini kita melakukan razia untuk menemukan dan melakukan penindakan terhadap warga kota Medan yang tidak mengenakan masker sesuai dengan Peraturan Walikota No 11 Tahun 2020," ujar M Sofyan, Senin (4/5/2020).

M Sofyan bersama personel Satpol PP lainnya telah memberikan penyadaran kepada warga Kota Medan.

Tetapi di lapangan, masih ada saja orang yang tetap tidak menggunakan masker.

Padahal penggunaan masker amat perlu dilakukan di masa pandemi Covid-19 guna mengurangi tingkat penularan Covid-19, bahkan memutus rantai penularan virus tersebut.

"Peraturan itu sudah kita sosialisasikan kepada warga Kota Medan, namun kelihatannya masih ada orang yang belum menyadari tentang pentingnya penggunaan masker di masa Covid-19 ini," sambungnya.

Warga yang tidak mengindahkan penggunaan masker tersebut di data petugas dan KTP nya ditahan selama tiga hari.

"Kita akan tahan KTPnya selama tiga hari dan silakan diambil di Kantor Satpol PP Medan. Hari ini kita lakukan tindakan penindakan di Pasar Sentosa, milik PD Pasar Kota Medan," lanjutnya.

Sawaluddin Nasution (25), seorang warga yang kebetulan sedang berada di Pasar Sentosa harus mengantre untuk menunggu giliran penahanan KTP yang dilakukan oleh Satpol PP Medan akibat tak menggunakan masker.

Razia Masker di Pasar Sentosa Medan, 16 KTP Ditahan

"Iya, saya tadi di sini dan tidak menggunakan masker. Saya memang salah, tidak menggunakan masker," lanjutnya.

Sementara Parno (38), pedagang di sini Pasar Sentosa PD Pasar menyampaikan bahwa kegiatan razia masker dilakukan mengingat imbauan tersebut sudah seringkali disampaikan pemerintah Kota Medan.

"Itu tergantung orangnya, soalnya kan sudah sering disampaikan harus menggunakan masker. Banyak juga yang masih bandel. Baguslah dibuat gini, biar tetap menggunakan masker, saling jagalah agar kita semua tetap sehat," pungkasnya. (cr3/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved