Breaking News:

Ramadhan 2020

Kopasude Buka Dapur Umum Selama Ramadan, Setiap Minggu Berbagi 100 Nasi Kotak

Imbas pandemi Covid-19 di saat Ramadan begitu dirasakan oleh seluruh kalangan, khususnya para pekerja harian.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / HO
Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) membagikan nasi kotak kepada masyarakat untuk berbuka puasa, Kamis (7/5/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Imbas pandemi Covid-19 di saat Ramadan begitu dirasakan oleh seluruh kalangan, khususnya para pekerja harian.

Melihat hal tersebut, Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) tergerak untuk berbagi menu berbuka puasa dengan membangun dapur umum di sekretariat Kopasude, Jalan Brigjend Zein Hamid, Gang Keluarga, No. 10, Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Medan, Kamis (7/5/2020).

Ketua Kopasude, Agung Rizky Prayogi mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan aksi sosial untuk masyarakat yang terkena dampak di bulan Ramadan saat pandemi Covid-19.

"Saat ini kita sedang melakukan penggalangan dana dengan membuka dapur umum yang akan kita bagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19. Dapur umum ini sebagai inisiasi dari teman-teman Kopasude untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan terutama yang tidak dapat bekerja," ungkap Agung.

Aksi pembukaan dapur umum dan berbagi nasi kota ini sudah memasuki minggu kedua. Setiap minggunya, Kopasude memberikan 100 kotak nasi yang mereka masak untuk dibagikan sebagai menu berbuka puasa.

Agung menuturkan bahwa kegiatan dapur umum ini memberikan menu empat sehat lima sempurna, diantaranya ada ayam dan buah-buahan.

"Untuk saat ini dapur umum menyiapkan makanan secara empat sehat lima sempurna, jadi ada beberapa menu yang kita wajibkan seperti ada ayam dan buah-buahan," ujarnya.

Relawan dapur umum Kopasude, Desy Sitepu mengungkapkan bahwa ia turut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk mengajak masyarakat peduli terhadap masyarakat sekitar.

"Walau dengan hal kecil, kita dapat membantu orang lain. Gerakan ini juga sebagai bentuk donasi. Selain membagikan makanan kita juga merangkul empati masyarakat. Ternyata di saat seperti ini banyak juga yang memberikan donasi. Kita sebagai penyelenggara hanya sebagai penyalur," tutur Desy.

Terjun ke dapur umum bagi Desy sempat menimbulkan rasa khawatir. Namun ia mengatakan bahwa rasa khawatir tersebut sirna dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Awalnya jujur saya sempat khawatir juga dengan kesehatan dan keselamatan saya. Tapikan kita punya standar operasional yang tetap menjaga kesehatan. Disini kita buat konsep dapur umum untuk tetap menjaga sterilisasi dibanding beli di luar," ungkapnya.

Dapur umum ditutup setelah Ashar dengan bersiap membagikan ke masyarakat dan pengendara. Agung menuturkan bahwa dapur umum Kopasude sudah membagikan ke beberapa titik kepada masyarakat yang membutuhkan, diantaranya sekitaran wilayah Masjid Raya Al-Mashun, Medan.

"Kita sudah membagikan ke beberapa titik. Untuk hari ini kita akan bagikan di daerah sekirataran masjid Al-Mashun kepada masyarakat yang akan berbuka puasa. Harapan kita kepada masyarakat agar dapat membantu yang ingin memberikan rezekinya kepada masyarakat boleh memberikan bantuan donasi ke kesekretariatan Kopasude," pungkas Agung.

(cr13/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved