Breaking News:

Ramadhan 2020

Segarnya Berbuka Puasa dengan Air Nira Aren di Tanjungmorawa

Air nira aren ini termasuk minuman favorit berbuka puasa di Tanjungmorawa, Deliserdang.

Penulis: Aqmarul Akhyar | Editor: Juang Naibaho
Tribun-Medan.com/Aqmarul Akhyar
Pedagang Air Nira, Muhammad Ridho Ar Rasyid, sedang menuangkan air nira ke gelas untuk pembeli di Jalan Kawasan Lintas Sumatera, Simpang Kayu Besar, Tanjungmorawa, Deliserdang, Minggu (17/5/2020). 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN.com - Bukan hanya kudapan dan penganan tradisional yang menjadi buruan masyarakat untuk menu berbuka puasa.

Minuman tradisional nan menyegarkan badan juga menjadi pilihan utama untuk berbuka puasa.

Satu di antaranya air nira yang berasal dari pohon aren. Air nira aren ini termasuk minuman favorit berbuka puasa di Tanjungmorawa, Deliserdang.

Satu di antara pedagang Air Nira Aren di Jalan lintas Sumatera, Muhammad Ridho Ar Rasyid, mengatakan air nira aren sangat banyak dibeli saat Ramadan.

Selain menyegarkan dahaga, konon air nira aren banyak khasiatnya.

"Banyak juga yang belik air nira saat puasa, untuk berbuka puasa kebanyakan. Maka tak heran pada pukul 16.00 WIB sudah ramai orang membeli Nira," ucapnya, Minggu (17/5/2020).

Lanjutnya, untuk air nira aren dibanderol per gelas Rp 5.000, dan hampir semua di kawasan tersebut menjual dengan harga yang sama.

Ia mengatakan kebanyakan pedagang yang berjualan air nira di kawasan tersebut, buka setiap hari dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Air nira aren ini bukan hanya laris pada bulan puasa saja. Hari biasa juga digemari oleh masyarakat.

Ia juga menjelaskan setiap hari menjual 150 gelas air nira aren.

"Jadi yang aku jual ini air nira aren yang untuk kolang kaling," ujarnya.

Sambungnya, tak hanya masyarakat Tanjungmorawa yang sering beli air nira aren ini. Namun, orang-orang dari luar kota juga banyak singgah, membeli air nira aren ini. Baik dari Siantar, Tebing Tinggi dan kota-kota lainnya.

"Kabenyakan dibawa pulang, tak minum di tempat. Gitu juga dengan orang-orang yang melintas. Kalau cita rasanya minuman nira ini pasti manis la, karena ini kan dari sananya rasanya memang manis," ucapnya. (cr22/Tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved