Tingkah Pemudik Mengelabui Petugas dengan Menggunakan Mobil Travel Gelap yang Berpelat Hitam

Hingga kini makin banyak orang yang melakukan mudik dengan menumpang mobil travel berpelat hitam, tanpa izin trayek

HO/Sat Lantas Polres Asahan
Seorang personel Sat Lantas Polres Asahan saat hendak melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di Jalinsum di Pos Check Point Aek Ledong, Asahan pada Rabu (13/5/2020). Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan yang hendak mudik sesuai anjuran pemerintah. 

TRIBUN - MEDAN.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melarang warganya untuk melakukan aktivitas mudik ke luar kota.

Meski begitu, sampai beberapa hari jelang hari raya Lebaran, masih banyak ditemukan kendaraan yang membawa para pemudik menggunakan modus untuk mengelabuhi petugas. 

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, mengatakan, lewat Pospam Operasi Ketupat Jaya 2020 di GT Cikupa dan GT Cikarang Barat, pihaknya telah melakukan penyekatan dan pelarangan mudik.

Menariknya, hingga kini makin banyak orang yang melakukan mudik dengan menumpang mobil travel berpelat hitam, tanpa izin trayek.

“Kepada travel-travel ini kami sudah lakukan penindakan, jadi total sudah ada sekitar 471 kendaraan tanpa izin trayek atau kami sebut sebagai travel gelap,” ujar Fahri, dalam konferensi video (22/5/2020).

“Kami juga bisa mencegah orang yang rencana mau mudik sebanyak 2.771 jiwa. Dan kami juga bisa memutarbalikkan kendaraan sebanyak 25.691 kendaraan, itu putar baliknya baik di jalan tol maupun jalan arteri,” katanya.

Fahri menambahkan, travel tanpa izin trayek ini jadi sesuatu yang baru sejak melakukan penindakan pada 24 April 2020.

Sebab belakangan mereka sudah tak menggunakan kendaraan jenis minibus seperti Elf, melainkan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil MPV.

“Kalau misalkan mereka mengangkut penumpang dengan memungut bayaran, tentunya harus dengan izin trayek.

Ini tanpa izin trayek, akhirnya kami lakukan penindakan.

Halaman
123
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved