Atlet Pencak Silat Frenko Ginting Percepat Lari agar Pertahanan Kokoh

Atlet pencak silat Frenko Ginting fokus melatih ketahanan fisik dengan memperbaiki kecepatan larinya.

Tribun-Medan.com/Chandra Simarmata
Pesilat Sumut kategori seni jurus silat, Frenko Ginting 

TRIBUN-MEDAN.com - Atlet pencak silat Frenko Ginting fokus melatih ketahanan fisik dengan memperbaiki kecepatan larinya.

Juara 2 Kejuaraan Nasional 2019 ini mengaku berlatih pagi dan sore hari."Karena kalau teknik dikuasai, namun tidak bisa bertahan sampai akhir pertandingan maka akan kalah. Makanya dalam latihan fisik ini, daya tahan yang paling diutamakan," terangnya, Selasa (2/6/2020).

Pelatih memintanya untuk berlari sejauh 6 kilometer dalam jangka waktu 28 menit. Sejauh ini ia baru sanggup mencapai jarak itu dalam 28 menit. 

"Itu yang memang harus saya kuasai agar bisa lebih lama bertahan saat bertanding. Memang, latihan teknik pukulan dan tendangan sangat dianjurkan, namun, pertahanan juga sangat diperlukan dalam pertandingan," terang atlet asal Binjai ini.

Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua nanti, Pemuda kelahiran 5 April 1997 ini mengaku sudah mengantisipasi lawan terberat yang akan ia hadapi saat ajang olahraga terbesar di Indonesia itu.

Kedua lawan terberat itu berasal dari DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat yang sudah langganan juara PON. Namun ia bertekad untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk dapat membawa pulang medali emas. 

"PON tahun ini, saya optimis bisa bawa pulang emas. Toh mereka sama seperti saya, yaitu sama-sama latihan saat jelang PON," ujarnya.

"Untuk teknik, saya rasa, mereka dan saya tidak ada bedanya. Namun saya akan perkuat dalam pertahanan. Karena siapa yang paling akhir bertahan, dialah sang jawara," katanya.

Untuk teknik, Frenko melatih kecepatan pukulan dan tendangan serta teknik menghindari serangan lawan. 

"Biasanya, sehabis latihan fisik saya langsung latihan teknik setelah istirahat kurang lebih setengah jam," terangnya.

Frenko yang tergabung di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Utara berlatih bersama para atlet lain yang lolos PON Papua. 

"Kami semua atlet yang lolos PON latihan di PPLP. Dan kami juga mengikuti protokol kesehatan," katanya. (akb)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved