Breaking News:

Pj Kades Parbuluan Dairi Angkat Sekdes yang Dapat Rekomendasi Diduga Ecek-ecek

Kasus dugaan kecurangan pada seleksi calon perangkat desa tahun 2019 di Desa Parbuluan I, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, hampir saja mengendap.

TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Jenri Sinaga (33) menceritakan unek-uneknya saat bertemu awak Tribun Medan di Sidikalang, baru-baru ini. Ayah dua anak ini diduga menjadi korban kesewenang-wenangan oknum ASN yang sempat Pj Kades di desanya. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Kasus dugaan kecurangan pada seleksi calon perangkat desa tahun 2019 di Desa Parbuluan I, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi, hampir saja mengendap.

Awalnya, Jenri Sinaga (33) mendapat rekomendasi persetujuan pengangkatan sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) dari Camat Parbuluan saat itu, Pandapotan Situmorang. Selain Jenri, ada delapan lagi yang direkomendasikan.

Akan tetapi, saat tiba hari pelantikan, Jenri tak ikut dilantik. Malahan kemudian, DS, inisial saingan Jenri saat seleksi, itu yang diangkat sebagai Sekdes oleh Pj Kades Parbuluan I saat itu, berinisial SM.

Aroma dugaan penyalahgunaan kekuasaan dan konspirasi, tercium.

"Sepengetahuan saya, awal Maret 2020 kemarin DS diangkat sebagai Sekdes. Saya sendiri yakin lolos seleksi, karena nama saya yang mendapat rekomendasi penetapan jabatan Sekdes dari Camat," ujar Jenri Sinaga saat berbincang dengan Tribun Medan di Sidikalang, Rabu (3/6/2020) lalu.

Camat Parbuluan saat ini, Rafael Siringo-ringo mengatakan, pihaknya sudah memediasi Jenri Sinaga dan DS, Februari lalu. Dalam mediasi itu, keduanya menyatakan enggan mengikuti seleksi ulang.

"Kita sudah memediasi mereka, bulan Februari lalu. Ikut hadir Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kades Parbuluan I. Saat itu, keduanya buka-bukaan. Sudah ditawarkan win-win solution, yaitu seleksi ulang, tetapi mereka tidak mau," ujar Rafael kepada Tribun Medan via seluler, Kamis (4/6/2020) sore.

Rafael menuturkan, baik Jenri, maupun DS, sama-sama mengaku memperoleh rekomendasi persetujuan pengangkatan sebagai Sekdes Parbuluan I dari Camat Parbuluan.

Rafael mengaku, sudah bicara dengan mantan Camat Parbuluan, Pandapotan Situmorang, selaku camat waktu itu. Pengakuan sang mantan camat, rekomendasi hanya untuk Jenri.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved