Breaking News:

Penerimaan Murid Baru untuk SD hingga SMP Negeri di Dairi Buka Juni Ini

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, dan SMP negeri di Kabupaten Dairi telah dibuka.

TRIBUN MEDAN/Disdik KABUPATEN DAIRI
Lampiran surat Plt Kadis Pendidikan Dairi tentang Jadwal PPDB TK, SD, dan SMP Negeri di Dairi tahun ajaran 2020/2021. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, dan SMP negeri di Kabupaten Dairi telah dibuka.

Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Dairi, Besli Pane mengatakan, jalur penerimaan siswa/i baru terdiri atas empat, yaitu Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua, dan Prestasi.

Untuk SMP, kuota jalur zonasi minimal 65%, jalur afirmasi 20%, jalur perpindahan tugas orang tua 5%, dan jalur prestasi 10%. Bagi TK dan SD, tidak ada jalur prestasi.

Jadwal keempat jalur tersebut, kata Besli, dibagi ke dalam dua gelombang.

Gelombang pertama dikhususkan untuk jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua, dimulai tanggal 16 hingga 19 Juni 2020.

Sementara, gelombang kedua dikhususkan untuk jalur zonasi, dilangsungkan tanggal 24 hingga 29 Juni 2020.

"Berdasarkan kalender pendidikan, tahun ajaran baru, 2020/2021, dimulai tanggal 13 Juli 2020. Namun, itu belum pasti, karena masih menunggu keputusan, apakah sudah boleh masuk sekolah," ujar Besli Pane saat ditemui Tribun Medan di ruang kerjanya, Senin (8/6/2020).

Besli mengatakan, pelaksanaan PPDB Kabupaten Dairi belum sepenuhnya dilakukan secara online.

Untuk PPDB SMP, dilakukan di situs http://bit.ly/ppdb_smpnegerikabdairi, sedangkan untuk PPDB TK dan SD, masih memakai cara lama.

"Untuk TK dan SD, masih manual, yaitu orang tua calon siswa/i datang ke sekolah mendaftarkan anaknya. Walau begitu, saat pelaksanaan PPDB TK dan SD, kita akan tegakkan protokol kesehatan," tutur Besli yang saat didampingi Kabid Pembinaan SMP, Elvis Panggabean.

Lebih lanjut, Besli mengatakan, pihaknya telah memerintahkan setiap SMP Negeri jajaran Dinas Pendidikan Dairi agar menugaskan operator, minimal lima orang, untuk siaga menghadapi pembeludakan orang tua calon siswa/i yang datang ke sekolah dan mengeluh gagal mengakses situs http://bit.ly/ppdb_smpnegerikabdairi.

"Jadwal kegiatan PPDB sudah kita sebar ke seluruh TK, SD, dan SMP negeri di Dairi, agar masyarakat bisa melihatnya," pungkas Besli.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved