Breaking News:

Hilangkan Stres di Masa Pandemi, Seniman Medan Ini Bagikan Tips Menggambar Mandala

Menggambar mandala merupakan minat khusus dalam bidang seni lukis/gambar.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Juang Naibaho
HO
Seorang penggiat gambar mandala (mandala artist) asal Medan, Afrizan Tambunan saat tengah menggambar mandala di ruang belajarnya beberapa waktu lalu. Melukis mandala menjadi obat stres dan bosan baginya selama masa pandemi corona. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menggambar mandala merupakan minat khusus dalam bidang seni lukis/gambar.

Bentuknya yang khas dan memiliki kesulitan tertentu dalam melukisnya, teknik gambar ini memiliki beberapa cara khusus dan membutuhkan kesabaran dalam proses pembuatannya.

Seorang penggiat seni lukis di bidang mandala asal Medan, Afrizan Tambunan membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan bagi para pemula yang ingin belajar menggambar mandala.

"Suka sama gambar mandala itu awalnya karena lihat-lihat di instagram, terus entah kenapa kelihatannya unik gitu dan cara membuatnya sedikit rumit. Jadi tertarik untuk belajar, awalnya dulu tanya-tanya sama pelukis-pelukis mandala yang lebih senior dari instagram," ujar Afrizan saat berbincang dengan Tribun Medan, Jumat (26/6/2020).

Mandala sendiri merupakan suatu bentuk pola desain atau simbol yang pada umumnya digunakan untuk merepresentasikan keutuhan secara personal maupun secara kosmologis. Sementara mandala sendiri berasal dari bahasa sanskerta yang bermakna lingkaran.

Kesulitan tersendiri dalam membuat gambar mandala ini, diakui Afrizan menjadi pengobat stres baginya.

Dalam menyelesaikan gambar mandala yang butuh kesabaran ia merasa bisa menuangkan kejenuhannya dan rasa bosan terhadap rutinitas sehari-hari.

"Kalau masalah makna itu tergantung yang membuat ya. Kalau gambar-gambar mandala ku, kurang lebih sebagai pengisi waktu luang, penghilang stress (karna kubaca baca juga, menggambar mandala salah satu cara terapi pikiran biar gak stress). Intinya ada keasyikan tersendiri di balik kerumitan gambar mandala itu," lanjutnya.

Beberapa kesulitan yang dialaminya dalam membuat gambar mandala di antaranya adalah menentukan konsep gambar, proses pewarnaan, dan membuat pola yang simetris.

"Kalau aku pribadi, kesulitan gambar mandala itu konsep nya. Karna kan, kalau cuma gambar mandala bulat biasa saja itu mudah. Tapi kalau menyesuaikan ke konsep atau tema nya yang susah, butuh waktu. Terus masalah pewarnaan, kadang aku pribadi untuk masalah warna itu susah. Coba coba dulu di kertas lain, baru di mandala nya," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved