Pandemi Tak Kunjung Usai, Akhyar Ajak Semua Pihak Bangun Kultur "New Normal"

Plt Wali Kota Medan mengajak masyarakat mempersiapkan "new normal" sekaligus menaati protokol kesehatan sesuai perwal.

Dok. Humas Pemkot Medan
Plt Wali Kota Medan, Akhyar dalam Webinar di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Sabtu (27/06/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengajak semua pihak membangun kultur dan suasana baru di tengah pandemi Covid-19.

“Jika mau bersama membangun kultur dan suasana baru ini, Insyaallah kita mampu mengatasinya,” kata Akhyar dalam keterangan tertulis.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam Web Seminar (Webinar) yang diselenggarakan House of Creator bekerja sama dengan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara (Sumut) di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Sabtu (27/06/2020).

Untuk mewujudkan upaya tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan telah mempersiapkan Peraturan Wali Kota (Perwal) tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru pada Kondisi Pandemi Covid-19.

"Perwal itu berisi pedoman yang harus dilakukan masyarakat Kota Medan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19," imbuh Akhyar.

Dalam webinar yang mengusung tema Kebijakan Pemerintah Hadapi Covid-19 itu, Plt Wali Kota Medan menginfokan bahwa jumlah wargayang positif Covid-19 terus meningkat.

Berdasarkan data terakhir dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan, Jumat (26/06/2020),  jumlah positif sebanyak 894 orang.

Adapun, perinciannya yakni sebanyak 599 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 56 orang meninggal, dan 239 orang sembuh.

Selama Juni, peningkatan terjadi  sangat eksponensial. Penularan terjadi dari warga kategori orang tanpa gejala (OTG) kepada keluarga terdekatnya.

Sebab, warga yang masuk kategori OTG terlihat sangat sehat dan tidak memperlihatkan tanda-tanda terpapar Covid-19, seperti batuk, bersin, maupun demam. 

“Setelah gencar dilakukan rapid test, barulah diketahui hasilnya reaktif. Kemudian ketika dilanjutkan dengan swab test, hasilnya ternyata positif," kata Akhyar.

Ia melanjutkan, selama ini yang bersangkutan terlihat sehat dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Tanpa disadari, mereka telah menularkan kepada orang lain, terutama keluarga terdekatnya.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi penularan melalui OTG, Pemkot Medan akan terus melakukan rapid test kepada masyarakat.

Pemkot Medan juga akan terus melakukan razia masker, sehingga masyarakat sadar akan pentingnya masker, guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved