Breaking News:

Kebakaran di Kutalimbaru Deliserdang

Bangunan Terbakar di Pesantren Darul Arafah, Ikon Termegah dan Dirancang Seperti Rumah Mandailing

Bangunan tersebut didirikan Haji Amrullah Naga Lubis menyerupai bangunan adat Mandailing bernam Bagas Godang.

Penulis: Victory Arrival Hutauruk | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/VICTORY
RUMAH utama pemilik Pesantren Darul Arafah Haji Amrullah Naga Lubis di Jalan Berdikari No.1A Desa Lao Bakeri, Sampe Cita, Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang hangus terbakar, Senin (27/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengurus Pesantren Darul Arafah menyebutkan bahwa rumah yang terbakar merupakan ikon dari pesantren yang telah berdiri sejak 1985.

Kepala Bidang (Kabid) Pesantren Darul Arafah, Mahmud Al Khuodri menejelaskan, bangunan tersebut didirikan Haji Amrullah Naga Lubis menyerupai bangunan adat Mandailing bernam Bagas Godang.

"Bangunan ini memang karyanya bapak pendiri pesantren, di hari tuanya mau mendirikan rumah panggung seperti ada di Tapanuli Selatan bernama Bagas Godang Keluarga Besar Haji Sutan Naga Lubis. Ini merupakan Ikon termegah di pesantren ini yang didirikan 10 tahun lalu," tuturnya saat dikonfirmasi Tri bun, Senin (27/7/2020).

Ia menyebutkan bahwa bangunan ini merupakan tempat untuk menerima tamu penting dan acara berfoto mahasiswa yang wisuda.

"Makanya kalau ada acara resmi seperti jamuan tamu atau foto wisuda untuk calon alumni digelar di sini," tutur Mahmud.

Lebih lanjut, Mahmud menyebutkan bahwa banyak surat berharga dan alat-alat elektronik yang hangus terbakar.

"Kita belum tahu pasti berapa nilai kerugian, tapi beberapa surat-surat berharga, alat elektronik sudah hancur terbakar," ungkapnya.

Kerugian Kebakaran Rumah Pemilik Pesantren Darul Arafah di Kutalimbaru Capai Tiga Miliar Rupiah

Ia menyebutkan pihaknya pertama kali mendengar kabar kebakaran dari para pekerja yang sedang menyetrika pakaian di dalam rumah tersebut.

"Jadi tahunya informasi kebakaran ini kan ada yang tinggal yang punya rumah ibu Nurhayati dan anaknya serta dua pegawai. Lalu ketika melihat api dari atas lalu semuanya segera diungsikan, jadi dari situ yang memberitahukan ke kita," ungkapnya.

Selanjutnya, dengan terbakarnya ikon Pesantren Darul Arafah pihaknya masih akan memikirkan tentang pembangunan ulang.

"Rencana saat ini belum ada. Insya Allah kita akan kabari," bebernya.

Polisi Ungkap Penyebab Kebakaran di Pesantren Darul Arafah

Kapolsek Kutalimbaru Polrestabes Medan, AKP Hendry Surbakti menyebutkan bahwa nilai kerugian dari kebakaran tersebut mencapai angka tiga miliar rupiah.

"Nilai kerugian kita taksir mencapai tiga miliar rupiah karena rumah cukup besar dan kita dapat informasi ini adalah rumah utama dari pemilik pesantren Sutan Naga Lubis," tuturnya di lokasi, Senin (27/7/2020).

Hendri menerangkan, penyebab kebakaran tersebut adanya korsleting di lantai dua rumah.

"Penyebab pasti belum dapat kita pastikan, nanti kita akan berkoordinasi dengan Labfor Polda Sumut. Tapi keterangan dari pemilik rumah kemungkinan adalah arus pendek listrik korsleting," ungkapnya di lokasi kebakaran.(vic/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved