Bolehkan Ibu Hamil Minum Kopi? Begini Penjelasan Ahli

Saat sedang hamil, banyak sekali asupan yang disebut sebagai pantangan, baik demi kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan.

SHUTTERSTOCK Via Kompas.com
Ilustrasi Bumil Minum Kopi 

TRIBUN-MEDAN.com - Saat sedang hamil, banyak sekali asupan yang disebut sebagai pantangan, baik demi kesehatan ibu maupun janin di dalam kandungan.

Lantas bagaimana dengan kopi? Minuman ini, dalam berbagai kemasan, jenis, dan cara penyajian tengah menjadi kian hits dalam kehidupan warga modern di kota-kota besar.

Emily Oster, seorang profesor bidang ekonomi dari University of Chicago beberapa tahun lalu, pernah memberikan pandangan personalnya tentang hal ini.

Dia mengatakan, ibu hamil bisa meminum kopi. Emily mengaku mengungkapkan pandangan ini dengan niat untuk menghilangkan mitos berlebih soal ibu hamil.

Emily pun ingin memberikan pendekatan yang lebih santai terkait kehamilan, dalam dalam bukunya Expecting Better.

Seperti dilansir laman Daily Mail, dalam buku itu Emily menyatakan, meminum kopi yang jumlah banyak juga tidak akan membahayakan bayi.

Emily bahkan mengatakan, perempuan berhak memutuskan apa yang terbaik untuk diri mereka sendiri.

"Sebenarnya ukuran seberapa banyak kopi, bisa dilakukan berdasarkan keinginan ibu hamil,” ujar dia.

Bahasan yang dia ulas dalam bukunya tersebut, berawal dari masa kehamilannya, di mana ia sempat disarankan untuk mengurangi kebiasaannya minum kopi empat cangkir sehari.

Saat itu Emily mengaku merasa frustrasi dengan banyaknya aturan untuk ibu hamil. Dia lalu memutuskan untuk mengabaikannya.

Namun sebelumnya, dia mencoba mencari tahu, dan mendapati adanya penelitian yang menyatakan, mengaitkan konsumsi kopi dengan tingkat keguguran yang tinggi, sebenarnya tidak valid.

"Saya akhirnya memutuskan bahwa bukti-bukti yang ada tidak cukup dapat membatasi saya meminum kopi,” sambung dia.

Efek kopi pada ibu hamil

Kendati demikian, laman American Pregnancy Association, menyebutkan, kandungan kafein dalam kopi bersifat stimultan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved