Breaking News:

Railink Medan Kualanamu Terkini

Kereta Api Bandara Kualanamu Hari Ini Beroperasi, Terapkan Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan yang dibuat pihak Railink sudah memadai dari segala sisi rambu-rambu dan personelnya cukup memadai.

T RI BUN-MEDAN.com/Kartika Sari
Seorang calon penumpang membeli tiket kereta api Bandara, Sabtu (1/8/2020). 

T RI BUN-MEDAN.com -

Kereta Api Bandara Kualanamu sudah mulai beroperasi kembali hari ini, Sabtu (1/8/2020).

Dibuka secara perdana, Kereta Api Bandara Kualanamu menerapkan beberapa protokol kesehatan untuk mencegah perluasan penyebaran virus Covid-19.  

Berdasarkan amatan T ri bun-Medan.com, beberapa titik di stasiun sudah menerapkan kebijakan mulai dari pemberian jarak tanda di bagian ticketing agar tidak menimbulkan kerumunan saat pengantrian tiket.

Selain itu di kursi tunggu penumpang juga diberikan physical distancing dengan jarak dua baris.

Plt Direktur Utama PT. Railink, Mukti Jauhari melalui keterangan tertulisnya mengungkapkan bahwa dioperasikan kembali secara perdana, kereta api bandara telah menerapkan beberapa kebijakan untuk memastikan pelayanan dan protokol kesehatan dapat berjalan dengan prima.

“KA Bandara sudah mempersiapkan layanan yang lebih prima ditatanan normal yang baru seperti, penerapan protokol kesehatan bagi seluruh petugas Kereta Api Bandara, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara dengan tujuan untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona,” ungkap Mukti.

Mukti menuturkan bahwa bagi calon penumpang, pendamping, ataupun pengunjung wajib menggunakan masker dan menjaga jarak satu meter.

"Bagi penumpang wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun di dalam perjalanan Kereta Api Bandara dan Wajib menjaga jarak minimal satu meter atau mengikuti tanda atau marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas," ujarnya.

Para calon penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan juga turut mengapresiasi protokol kesehatan yang diterapkan pihak stasiun yang sudah memadai. Diantaranya ada Lino Siburian yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta.

"Protokol kesehatan yang dibuat pihak Railink sudah memadai dari segala sisi rambu-rambu dan personelnya cukup memadai. Karena ini juga masih baru buka juga belum terlalu ramai, ya sudah bagus ini," tutur Lino.

Dalam pendisiplinan protokol kesehatan, pihak stasiun juga tidak memperkenankan bagi calon penumpang yang memiliki suhu di atas 37,3 derajat untuk menaiki kereta api.

"Penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3 derajat tidak diperkenankan naik Kereta Api Bandara. Penumpang dapat lapor ke petugas jika merasa dan tidak sehat dan apabila calon penumpang atau penumpang tersebut memiliki gejala mirip Covid-19 maka dianjurkan segera menghubungi nomor layanan Covid-19 di 082164902482," ucap Mukti.

Protokol kesehatan tidak hanya dilakukan di ruang tunggu namun juga di dalam kereta api. Pada kursi penumpang, pihak Railink juga memberikan jarak antarpenumpang yang sebelumnya berkuota 4 penumpang perbaris, kini hanya dapat diisi 2 penumpang untuk membuat jarak.

(cr13/t ri bun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved