Breaking News:

Update Pilkada Serentak di Sumut 2020

Rekrut KPPS Pilkada Binjai, KPU Ajak Warga Jadi Bagian Penyelenggara Demokrasi

Tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai berjalan lancar dan kondusif.

Tribun-Medan.com/Dedy Kurniawan
KPU Binjai melaksanakan rekrutmen KPPS dalam tahapan Pilkada Binjai 2020, Kamis (1/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai berjalan lancar dan kondusif.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai mengajak masyarakat Binjai yang bisa memenuhi kriteria menjadi bagian penyelenggara pesta demokrasi tahun 2020.

KPUD secara terbuka mengundang warga Binjai untuk mendaftarkan diri menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai tahun 2020.

Rekrutmen disampaikan langsung oleh Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Binjai, Robby Effendi, Kamis (1/10/2020) siang.

Robby di tengah kesibukan sebagai komisioner saat ditemui di ruangannya, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat menjabarkan syarat-syarat bagi Calon anggota KPPS.

Ada yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya untuk KPPS pada Pilkada Binjai tahun 2020.

"Petugas Pemutakhiran Data (PPDP) yang bertugas Juli 2020 kemarin kita prioritaskan jadi anggota KPPS ditambah persyaratan berusia paling rendah 20 tahun, dan serta berdomisili dalam wilayah kerja KPPS," jelas Robby pria empat anak ini.

Syarat ketentuan yang harus dimiliki calon KPPS yakni melakukan pendaftaran, calon anggota KPPS wajib membawa kelengkapan dokumen yang dicantumkan.

Di antaranya fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik, serta surat pernyataan tidak menjadi anggota partai politik, atau paling singkat 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik.

"Syarat lainnya yakni keterangan berupa surat kesehatan dari puskesmas serta, surat pernyataan bebas dari penyalahgunaan narkotika juga menjadi kelengkapan pendaftar yang ingin menjadi anggota KPPS," urainya.

"Persyaratan dokumen yang sudah lengkap dapat dikirimkan ke Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kantor Lurah se-Kota Binjai. Paling lama persyaratan tersebut diterima pada tanggal 13 Oktober 2020," pungkasnya.

(Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved