Breaking News:

Cerita Petani Samosir Betapa Susahnya Mendapat Pupuk Subsidi

Jatah pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Samosir sejak Januari-September 2020 hanya 3.327 Ton saja dan keseluruhannya sudah tersalur.

TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Ama Santa Nainggolan satu dari sekian petani yang ditemui Tribun Medan di perladangan miliknnya di Sinajur Mula-mula Samosir sebagai orang yang kesulitan memoeroleh pupuk bersubsidi. 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Ama Santa Turnip mengeluh ketika ditemui di perladangan miliknya di Desa Sari Marrihit, Kecamatan Sianjur Mula-mula Kabupaten Samosir, Rabu (7/10/2020).

Ama Santa satu dari sekian petani yang terkena dampak buruk dengan lenyapnya pupuk subsidi sejak Agustus 2020 lalu mengaku kecewa.

"Sudah dua bulan terakhir pupuk subsidi yang kami butuhkan tidak ada," ujar Ama Santa.

Sehari-hari Ama Santa bercocok tanam bawang, padi dan cabai. Ditemui Tribun Medan Ama Santa dan istrinya sedang menyiangi kebun cabainya yang sudah mulai berbuah.

Menurut Ama Santa, pada musim ini mereka terkendala menabur pupuk. Hal itu dibenarkan istrinya, bahwa sejumlah petani lain di Desa Sari Marrihit, Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir mengalami hal yang sama.

Sejauh ini, kata Ama Santa ada pun pupuk yang paling sulit diperoleh yakni jenis Ponska. Pupuk lain yang juga menjadi kebutuhan mereka yakni urea/garam, dan S.P 36.

Hingga saat ini, ketersediaan pupuk yang sangat dibutuhkan petani tidak ditemukan pada penyalur-penyalur pupuk resmi di Samosir khususnya di Sianjur Mula-mula. Kalau pun ada, harga sudah sangat jauh berbeda dengan pupuk bersubsidi.

"Non subsidi memang ada, tapi harganya jauh berbeda,"sebut Ama Santa.

Ama Santa berujar, harga pupuk Ponska bersubsidi biasanya dapat diperoleh dengan harga Rp 135.000 per karung dengan timbangan 50 Kg. Sedangkan saat ini, harga Ponska di toko-toko pupuk mencapai Rp 450.000-Rp 500.000 per karung.

"Untuk harga per karung, harga bisa lebih dua kali lipat harga subsidi,"ucap Ama Santa.

Halaman
123
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved