Breaking News:

Kapan Bioskop di Medan Buka? Begini Jawaban Gabungan Pengusaha Bioskop

Di sejumlah daerah teryata sudah dibuka bioskop pada masa pandemi Covid-19 ini. Namun, di Kota Medan belum ada tanda-tanda pembukaan bioskop.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI protokol kesehatan yang diterapkan bioskop di tengah pandemi Corona. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Di sejumlah daerah teryata sudah dibuka bioskop pada masa pandemi Covid-19 ini. Namun, di Kota Medan belum ada tanda-tanda pembukaan bioskop.

Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin mengatakan beberapa daerah yang sudah buka bioskop saat pandemi ini antara lain di Jakarta, Bandung, Batam, Pangkalpinang, Ternate, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan, dan Jayapura.

"Di Medan belum tahu kapan buka bioskop. Penonton sabar dulu, Medan, Palembang, Pekanbaru, Padang jadi perhatian juga," ujar Djonny, Kamis, (22/10/2020).

Menurutnya, belum dibukanya bioskop di sejumlah daerah tersebut juga karena tidak adanya film. "Bioskop di daerah buka juga, film enggak ada, mau diapakan," ucapnya.

Ia menjelaskan di Jakarta, kapasitas di dalam studio pun dibatasi menjadi hanya 25 persen. Aturan batas maksimal penonton sebanyak 25 persen kapasitas studio merugikan pengusaha bioskop.

"Kalau daerah itu kapasitasnya 50 persen, tapi untuk Jakarta kapasitasnya hanya 25 persen. Rugilah kalau cuma 25 persen, mestinya 50 persen," ungkapnya.

Ia mengaku Jakarta merupakan barometer perfilman Indonesia. "Film import dan film nasional tidak mau diputar di daerah dulu, harus putar di Jakarta lalu kemudian tersebar ke seluruh Indonesia," ucap Djonny.

Sementara itu warga Medan, Aryadi Gultom mengaku sudah rindu menonton film di bioskop. Sebelum ada pandemi, dalam sebulan ia mampu menonton film di bioskop sebanyak tiga kali.

"Ya dulu tiga kali dalam sebulan saya nonton film di bioskop. Semoga secepatnya buka kembali bioskop," ucap Aryadi.

Hal senada juga diungkapkan warga Medan lainnya, Riama, ia juga mengaku rindu untuk menonton film di bioskop. "Rindu sih, tapi takut. Sebelum pandemi berakhir enggak berani dulu," kata Riama.

Sementara itu CEO Cinépolis Cinemas Indonesia, Gerald Dibbayawan mengatakan Cinépolis Cinemas mulai dibuka kembali di Jakarta pada 21 Oktober 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan peraturan dan rekomendasi pemerintah.

Cinépolis Cinemas buka kembali lima lokasinya di Jakarta, yaitu Plaza Semanggi, Pluit Village, Gajah Mada Plaza, Tamini Square, dan Cibubur Junction.

Untuk menunjukkan komitmennya dalam mematuhi protokol tersebut, Cinépolis Cinemas telah menerapkan 71 protokol pelayanan yang bertujuan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, seperti melakukan pemeriksaan suhu badan, membatasi usia pengunjung, mewajibkan penonton menggunakan masker, menyediakan layanan penjualan tiket melalui daring, menetapkan jarak aman dan mengosongkan sebagian kursi di dalam bioskop, serta menyediakan hand sanitizer di semua area Cinépolis Cinemas.

Sesuai peraturan pemerintah, makanan dan minuman yang merupakan sumber pendapatan utama bioskop, disayangkan tidak boleh dikonsumsi selama film berlangsung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved