Breaking News:

46 Hari Jelang Pilkada di Sumut

Gubernur Sumut Tunggu SK dari Mendagri Terkait Pergantian posisi jabatan Pjs Bupati Asahan

Pemprov Sumut sudah mengajukan nama untuk mengantikan Pjs Bupati Kabupaten Asahan Basarin Yunus Tanjung, yang diketahui mengalami sakit.

Tribun Medan/Nanda
PJS Bupati Asahan, Basarin Yunus Tanjung. 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengatakan, saat ini pihaknya menunggu keluarnya Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, terkait pergantian Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Asahan.

Sebelumnya, Pemprov Sumut sudah mengajukan nama untuk mengantikan Pjs Bupati Kabupaten Asahan Basarin Yunus Tanjung, yang diketahui mengalami sakit, Sabtu (24/10/2020).

"Kita sudah ajukan kepada Mendagri, kita tunggu klarifikasi atau SK dari Mendagri," kata Edy Rahmayadi, saat ditemui di Rumah Dinas, Jalan Sudirman, Kota Medan.

Edy mengatakan, berdasarkan surat keterangan dokter yang dirinya terima, Basarin Yunus Tanjung harus beristirahat di rumah selama sebulan, akibat penyakit yang dialaminya.

Namun, secara jelasnya, Edy tidak menjelaskan secara detail, sakit apa yang dialami oleh Basarin Yunus Tanjung, sampai harus menjalani masa istirahat sebulan lamanya di rumah.

"Pak Tanjung, sampai dengan saat ini belum pulih, dan dokter menganjurkan istirahat 30 hari," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Provinsi Sumatera Utara, Mulyadi Simatupang dikabarkan akan menggantikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Asahan Basarin Yunus Tanjung.

Pergantian ini akan segera diberlakukan, lantaran Basarin Yunus Tanjung dikabarkan sakit, dan tidak bisa menjalankan tugas sebagai Pjs. Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi sudah mengajukan nama Mulyadi Simatupang ke Kementerian Dalam Negeri, untuk segera menyetujui pergantian tersebut.

"Diajukan, karena bapak Tanjung itu sakit. Karena sakit diganti," katanya, di Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan.

Baca juga: Mulyadi Simatupang Santer Disebut Akan Jabat Pjs Bupati Asahan, Gantikan Basarin Yunus Tanjung

Kemudian, Edy meminta pemberitaan pengantin ini Pjs Bupati ini tidak terbawa-bawa soal arah mendukung satu pasangan calon.

Sebab, dirinya dengan tegas meminta kepada seluruh ASN di Sumut untuk netral tidak terlibat dalam dukung mendukung.

"Nanti jangan diplintir-plintir karena mau milih. Tak ada urusan gubernur memilih Pilkada," katanya. Saat ditanya, apakah nama pejabat sementara yang mengisi jabatan Bupati Kabupaten Asahan adalah Mulyadi Simatupang, Edy berpura-pura tidak mengingat nama pejabat tersebut.

"Waduh tak ingat pula saya. Tak tahu," jelasnya, sambil meninggalkan awak media.

Sebelumnya, Kepala Bagian Penataan dan Pendapatan Daerah Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprov Sumut, Rasyid Ritonga, mengatakan Pemprov Sumut telah mengirimkan usulan tiga nama sebagai pengganti Pjs Bupati Asahan, Basarin Yunus Tanjung, ke Kementerian Dalam Negeri.(wen/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved