Breaking News:

Tetap Buka Pelayanan Saat Libur Panjang, Disdukcapil Karo Hanya Cetak 25 Blangko KTP

Di masa libur panjang akhir pekan ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo tetap buka pelayanan untuk pencetakan ektp

Tribun-Medan.com/Muhammad Nasrul
Warga melakukan perekaman data kependudukan di Kantor Disdukcapil Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Di masa libur panjang akhir pekan ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karo tetap buka pelayanan untuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Dari data ini, diketahui Kabupaten Karo merupakan daerah yang masuk ke dalam kategori paling sedikit melakukan pencetakan e-KTP, dibandingkan daerah lainnya.

Informasi yang didapat dari Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan Disdukcapil Karo, Intan, memang untuk di Disdukcapil hanya melakukan pencetakan sebanyak 25 blangko. Dirinya mengatakan, pencetakan ini juga dilakukan pada Rabu lalu.

"Iya memang untuk KTP kita cuma mencetak 25 blangko, untuk Kartu Keluarga (KK) itu 17 lembar, akta lahir dari kartu anak itu juga masih di angka belasan," ujar Intan, Minggu (1/11/2020).

Saat ditanya kendala apa yang menjadi penyebab rendahnya angka pencetakan ini, dirinya mengatakan diduga masyarakat tidak mengetahui jika pelayanan Disdukcapil tetap buka pada saat cuti bersama.

Ia mengatakan, saat membuka pelayanan sejak Rabu kemarin pihaknya hanya melihat sedikit masyarakat yang datang untuk melakukan perekaman dan pembuatan dokumen kependudukan.

"Iya memang kita lihat sedikit sekali masyarakat yang datang. Mungkin mereka enggak tau kalau kita tetap buka, kan masyarakat juga taunya itu cuti bersama dan libur panjang," ungkapnya.

Ketika disinggung terkait sosialisasi, Intan mengaku jika sebelum masuk cuti bersama mereka telah mengumumkan pelayanan tetap buka.

Namun begitu, ia mengatakan tidak ada masyarakat yang datang untuk mengurus keperluan berkas administrasi kependudukan.

"Sudah kita umumkan hari Selasa kemarin itu, tapi sampai kemarin buka pun enggak ada masyarakat," pungkasnya.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved