Breaking News:

Mahasiswa Semester Akhir Gratis Biaya Kuliah, Ini Penjelasan Unimed

Unimed juga turut memberikan bantuan pembebasan biaya kuliah untuk program bantuan penyelesaian tugas akhir.

HO/tri bun medan
Universitas Negeri Medan (Unimed) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Selama pandemi Covid-19, para mahasiswa mendapat beragam bantuan mulai dari bantuan paket internet gratis dan bantuan UKT SPP dari Kemendikbud.

Dalam membantu meringankan beban mahasiswa, Unimed juga turut memberikan bantuan pembebasan biaya kuliah untuk program bantuan penyelesaian tugas akhir.

"Ya di semester 8 dan 9 itu gratis, mereka tidak bayar uang kuliah. Semua mahasiswa dapat di semester tersebut. Mereka mendaftar untuk menyampaikan data pribadi saja," ungkap Surif, Senin (2/11/2020).

Bantuan ini sudah mulai diberlakukan saat semester baru dimulai. Surip menuturkan bahwa bantuan ini diberikan selama satu semester.

Tambahnya, Surip juga mengimbau kepada mahasiswa yang turut mendapatkan bantuan agar semangat untuk menyelesaikan skripsi.

"Untuk sementara satu semester dulu, ini dorongan dari pimpinan untuk mereka menyelesaikan studinya. Jadi dampak dari pandemi ini membuat pimpinan untuk mengeluarkan kebijakan agar dibebaskan biaya kuliah agar tidak membebani orangtua. Jadi tak usah berpikir yang lain agar termotivasi dengan cepat," ujarnya.

Bantuan pembebasan UKT untuk mahasiswa semester akhir tentunya dapat meringankan beban mahasiswa.

Seperti yang dirasakan Intan Pertiwi, mahasiswa semester akhir Fakultas Bahasa dan Seni Unimed yang turut mendapatkan bantuan tersebut. Ia juga bersyukur dan optimis untuk menyelesaikan skripsinya.

"Senang pastinya ada bantuan ini. Masa Covid seperti ini pasti susah urusan ekonomi. Dapat info ini ya dari temen-temen. Bersyukur juga udah kabarin orangtua. Semangat juga kak jadinya ngerjain skripsi. Harus bisa wisuda cepat," tutur Intan.

Bantuan juga turut dirasakan Mariati, mahasiswa akhir Fakultas Ilmu Sosial. Baginya, bantuan ini amat penting lantaran kondisi ayahnya yang terkena PHK dan harus banting tulang mencari biaya.

"Bersyukur sama Allah dan kampus. Padahal sebelumnya sempat bingung cari biaya dari mana. Jadi biaya yang harusnya untuk bayar uang kuliah bisa dipakai untuk Ngeprint-ngeprint skripsi sama penelitian. Semoga ini penelitian juga selesai cepat" ucap Mariati.

(cr13/tribun-medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved