Breaking News:

36 Hari Jelang Pilkada di Sumut

Bawaslu Simalungun Panggil 6 Kades Terkait Dugaan Dukung Paslon Bupati

Bawaslu Simalungun memanggil enam Pengulu Nagori atau pejabat setingkat kepala desa yang berasal dari empat kecamatan di Simalungun.

T R IBUN-MEDAN.com/Alija Magribi
Empat Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun menunjukan nomor urut masing-masing di Patra Comfort Hotel Parapat, beberapa waktu lalu. Pencoblosan Pilkada serentak berlangsung 9 Desember 2020 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, RAYA - Bawaslu Simalungun memanggil enam Pengulu Nagori atau pejabat setingkat kepala desa yang berasal dari empat kecamatan di Simalungun.

Pemanggilan ini buntut dugaan keterlibatan mereka mengampanyekan pasang calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun pada Pilkada Tahun 2020.

Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Simalungun, Mulia Adil Saragih mengatakan sejumlah pelanggaran dilakukan paslon, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pangulu. Namun Mulia tak mau merinci siapa nama yang mereka panggil itu.

"Banyak (temuan pelanggaran), contohnya persoalan netralitas, persoalan kampanye tidak sesuai protokol Covid-19, keterlibatan pangulu," katanya saat dikonfirmasi, Senin (2/11/2020).

Khusus keenam pangulu nagori yang dipanggil Bawaslu Simalungun, kata Mulia, mereka dipanggil bergiliran. Ada yang dipanggil pekan lalu dan sebagian dipanggil pekan ini.

Keenam pangulu berasal dari Kecamatan Dolog Masagal, Kecamatan Dolok Pardamean, Kecamatan Bandar Huluan dan Kecamatan Hatonduhan.

"Iya, kita mintai klarifikasi pekan lalu dan semalam. Selanjutnya kita akan melaksanakan pleno untuk melihat ada tidaknya pelanggaran. Nantilah kalau udah di-plenokan, saya akan infokan hasil klarifikasi dan kajiannya," ujar Mulia.

Sesuai aturan, bila keenam pangulu tersebut terbukti melakukan pelanggaran Pilkada, Bawaslu akan melaporkan hal ini ke atasan mereka, yaitu Bupati ataupun Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Kalau (hasil pelanggaran) pangalu Nagori diteruskan ke Bupati Simalungun, dan kalau PNS baru ke KASN," katanya.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved