Breaking News:

TRIBUN-MEDAN-WIKI: Menyelisik Badak Sumatera, Spesies Tersisa Genus Dicerorhinus

Badak Sumatera dikenal sebagai badak berambut atau badak Asia bercula dua, merupakan spesies langka dari famili Rhinocerotidae

kompas
Badak Sumatera 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Setiap kawasan di Indonesia tentunya memiliki populasi flora dan fauna yang menjadi ciri khas kawasan tersebut. Satu di antaranya kawasan pulau Sumatera, yang memiliki populasi fauna bernama Badak Sumatera, Selasa (10/11/2020).

Badak Sumatera dikenal sebagai badak berambut atau badak Asia bercula dua (Dicerorhinus sumatrensis), dan merupakan spesies langka dari famili Rhinocerotidae dan termasuk satu di antara dari lima spesies badak yang masih lestari.

Badak Sumatera merupakan satu-satunya spesies yang tersisa dari genus Dicerorhinus.

Berdasarkan data yang dilansir dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL), Badak Sumatera beradaptasi dengan baik untuk hidupnya di kawasan hutan pegunungan yang padat.

Catatan sejarah menyatakan bahwa keberadaan Badak Sumatera ini terdapat di hampir seluruh wilayah-wilayah terpencil di Sumatera dan TNGL.

Dalam artikel yang diterbitkan website gunungleuser.or.id, bahwa di masa lalu Badak Sumatera dapat dijumpai di hampir seluruh penjuru taman nasional, di lembah-lembah maupun di pegunungan, sepanjang pantai barat, dan daratan rendah di Langkat dan Deli.

Selain itu data survey pertama kali dilakukan di Leuser pada tahun 1930-an, badak sudah menjadi langka di wilayah utara, dekat kawasan Blangkejeren, yang dikenal sebagai pusat pemburu badak.

Penurunan populasi badak ini terus berlanjut, yang diketahui dari proyek penelitian badak oleh seorang ahli zoology Swiss-Marcus Borner.

Lalu penelitian dilanjutkan oleh Nico van Strein pada awal 1970-an, badak telah menghilang dari seluruh batas taman nasional.

Halaman
123
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved