Breaking News:

Update Kasus Korupsi TPA Dokan, Eks Kadis Kebersihan Karo Jalani Sidang Dakwaan Secara Daring

Kasus korupsi pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, kini memasuki babak baru.

Tribun-Medan.com/Muhammad Nasrul
Sidang dakwaan mantan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Karo Candra Tarigan yang terjerat kasus korupsi pengadaan lahan TPA Dokan, di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (12/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Kasus korupsi pengadaan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Dokan, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, kini memasuki babak baru.

Seorang terdakwa yaitu Candra Tarigan hari ini, Kamis (12/11/2020), menjalani sidang dakwaan yang digelar di Ruang Cakra 8 Pengadilan Tipikor Medan.

Persidangan digelar secara Dalam Jaringan (Daring) karena terdakwa sedang berada di Rutan Tanjung Gusta, Medan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Karo Akbar Pramadhana dan Aldo Marbun menyebutkan berkas dakwaan terhadap mantan Kepala Dinas (Kadis) Kebersihan dan Pertamanan Karo itu setebal 54 halaman.

Candra didakwa telah melakukan tindak pidana korupsi, sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Pasal 2 dan 3 Undang-Undang Tipikor.

"Sesuai dengan pemeriksaan dan bukti yang didapat, terdakwa didakwa terbukti melakukan tindak pidana korupsi yang merugikan negara melalui proyek pengadaan lahan TPA," ujar Dhana, Kamis.

Dhana menjelaskan, dari apa yang telah dilakukan oleh terdakwa dengan melakukan korupsi, di mana perbuatan terdakwa telah terbukti merugikan negara sebesar Rp 1.481.109.025.

Kerugian negara yang telah ditimbulkan oleh terdakwa diketahui merupakan proyek pengadaan lahan di Tahun Anggaran 2016.

"Dari kasus ini, terdakwa memiliki peran sebagai pengguna anggaran. Dari proyek yang dipegang oleh terdakwa di tahun 2016, dengan tindakan penyelewengan yang dilakukan terbukti telah merugikan negara sebesar 1,4 miliar rupiah," katanya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved