Breaking News:

Dalam Acara Pembinaan Nazhir, Plt Kabag Setda Medan Bicara Soal Pentingnya Wakaf

Agus Maryono memaparkan mengenai wakaf yang merupakan perbuatan hukum yang suci dan mulia dalam acara Pembinaan Nazhir Tanah Wakaf angkatan I 2020.

Dok. Humas Pemkot Medan
Pembinaan Nazhir Tanah Wakaf angkatan I Tahun 2020 di Hotel Antares, Jalan Sisingamangaraja, Nomor 84, Kecamatan Medan Kota, Rabu (16/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Wakaf memiliki peran positif dalam menegakkan keadilan sosial. Ini karena mendorong orang berkelimpahan untuk menunaikan wakaf sehingga dapat dimanfaatkan kaum yang membutuhkan bantuan.

Dengan demikian, wakaf akan dapat menjadi alasan bagi orang mampu untuk mengorbankan harta benda yang dicintainya agar mendapatkan keridhoan Tuhan.

Begitu besar manfaat wakaf, sehingga tentunya dibutuhkan para nazir wakaf yang piawai dan jujur dalam mengelola aset yang diwakafkan tersebut. 

Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bagian (Kabag) Agama Sekretaris Daerah (Setda) Kota Medan Agus Maryono saat membacakan sambutan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution pada acara Pembinaan Nazhir Tanah Wakaf angkatan I Tahun 2020.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Badan Pelaksana Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Medan di Hotel Antares, Jalan Sisingamangaraja, Nomor 84, Kecamatan Medan Kota, Rabu (16/12/2020).

Pada kesempatan itu, Agus Maryono juga mengatakan, wakaf merupakan perbuatan hukum yang suci dan mulia.

"Wakaf merupakan salah satu bentuk ibadah kebendaan yang bisa berfungsi sebagai shadaqah jariyah yang akan terus mengalir pahalanya selama benda yang diwakafkan itu masih tetap dimanfaatkan oleh mereka yang membutuhkannya," katanya.

Di samping itu, menurut Agus Maryono, wakaf telah mengakar dan menjadi tradisi umat Islam di seluruh dunia.

"Di Indonesia, lembaga ini telah menjadi penunjang utama perkembangan dalam kehidupan bermasyarakat," kata Agus Maryono seperti dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, Agus Maryono juga mengatakan, hampir semua rumah ibadah, perguruan Islam dan lembaga-lembaga keagamaan lainnya dibangun di atas tanah wakaf.

Halaman
12
Tags
Wakaf
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved