Breaking News:

Liburan Akhir Tahun di Sumut

Libur Natal dan Tahun Baru, Satgas Covid-19 Karo Lakukan Rapid Tes Acak Bagi Wisatawan

Langkah memperketat pengawasan dilakukan dengan melakukan pengecekan kesehatan melalui rapid tes secara acak

TRIBUN MEDAN/HO
PETUGAS dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo didampingi Polsek Simpangempat melakukan rapid tes acak kepada wisatawan yang akan masuk ke objek wisata Bukit Gundaling, Kecamatan Merdeka, Sabtu (26/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Satuan Tugas (Satgas) penanganan virus corona (Covid-19) Kabupaten Karo, memperketat pengawasan di masa libur panjang Natal 2020 dan menyambut tahun baru 2021 mendatang.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karo, terlebih di objek wisata yang selalu diburu oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Drg Irna Safrina Meliala M.Kes mengungkapkan, langkah memperketat pengawasan dilakukan dengan melakukan pengecekan kesehatan melalui rapid tes secara acak.

Dirinya menyebutkan, program rapid tes acak ini telah dilakukan sebanyak dua kali, mulai dari pengendara yang masuk ke Kabupaten Karo, hingga bagi wisatawan yang akan masuk ke lokasi objek wisata. 

"Rapid tes acak ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi, apalagi Kabupaten Karo merupakan tujuan wisata. Kita sudah lakukan dua kali, pertama itu di jalur masuk ke Karo saat tanggal 24 kemarin, dan di pintu masuk Gundaling itu tanggal 26 kemarin," ujar Irna, Minggu (27/12/2020). 

Irna mengungkapkan, nantinya pihaknya juga akan kembali melakukan langkah serupa untuk menyambut libur akhir tahun.

Dirinya mengatakan, nantinya pihaknya akan mulai melakukan pencetakan pada tanggal 30 hingga 31 Desember mendatang. 

Dirinya menyebutkan, untuk program rapid tes acak ini pihaknya sudah bekerjasama baik dengan pihak Polres Tanah Karo, maupun dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo.

Saat ditanya mengenai siapa saja yang menjadi sasaran rapid tes acak ini, katanya, pihaknya melihat beberapa ciri dan kriteria bagi masyarakat yang dilakukan pengetesan. 

"Ya kita lihat, bagi yang tidak menggunakan masker itu langsung kita arahkan rapid. Kemudian, bagi wisatawan yang menumpang mobil dengan kapasitas yang banyak, itu juga kita cek," ungkapnya. 

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved