Breaking News:

Tiga Hari Erupsi, Pengamat Gunung Sinabung Catat Aktivitas Vulkanik Meningkat

Menurut catatan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, dari tiga hari terakhir erupsi ketinggian kolom abu mulai dari 700 meter-1000 meter.

TRIBUN MEDAN/HO POS PGA
PENGAMAT Gunung Sinabung, Armen Putra. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMPANGEMPAT - Beberapa hari belakangan, Gunung Sinabung mengalami peningkatan aktivitas yang cukup signifikan.

Berdasarkan data yang didapat, terhitung sejak tiga hari terakhir Gunung Sinabung sudah mengalami enam kali erupsi.

Namun, dari enam kali erupsi ini memang terlihat ketinggian kolom abu yang terbawa dari dalam gunung masih terbilang tidak terlampau tinggi.

Menurut catatan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sinabung, dari tiga hari terakhir erupsi ketinggian kolom abu mulai dari 700 meter hingga 1000 meter dari puncak gunung.

Walaupun ketinggian kolom abu belum terlampau tinggi, namun ini harus menjadi perhatian penting.

Pasalnya, Gunung Sinabung yang saat ini berada di level tiga atau stasiun siaga masih berpotensi tinggi untuk kembali terjadi erupsi atau awan panas.

Melihat kondisi ini, Pengamat Gunung Sinabung Armen Putra menjelaskan jika memang pihaknya melihat saat ini aktivitas Gunung Sinabung masih terus fluktuatif.

Dirinya mengatakan, pihaknya juga masih terus mencatat adanya gempa-gempa guguran dan gempa lainnya dari dalam gunung.

"Memang kita lihat sekarang gugurannya sudah tidak terlalu tinggi, namun seperti yang kita lihat tiga hari ini gunung kembali erupsi. Ini menunjukkan jika aktivitas Sinabung masih tinggi dan terus fluktuatif," ujar Armen, saat ditemui di pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Simpangempat, Selasa (5/1/2021).

Saat dinyata apa penyebab Sinabung kembali erupsi dan cukup sering, Armen menjelaskan jika pihaknya melihat aktivitas dan pasokan gas dari dalam gunung masih cukup tinggi. Dirinya mengatakan, tekanan gas dari dalam gunung sedikit meningkat dari sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved