Breaking News:

Tribun travel

Pesona Air Terjun Napitu, Destinasi Unik di Tepi Jalan Simanindo

Menjadi keindahan tersendiri ketika mahatari bersinar sembari tergabung dalam butiran air yang halus jatuh dari tebing yang tinggi.

TRIBUN MEDAN/ANIL
AIR Terjun Napitu yang berada di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMANINDO - Sampuran Napitu atau biasa disebut Air Terjun Napitu ini berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Namun hal inilah yang menjadi keunikan air terjun yang berada di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Cucuran air yang jatuh dari ketinggian sekitar lebih kurang 20 meter ini terlihat seperti hujan.

Menjadi keindahan tersendiri ketika mahatari bersinar sembari tergabung dalam butiran air yang halus jatuh dari tebing yang tinggi.

"Unik sih air terjunnya, beda dengan air terjun yang biasanya. Lokasinya pun terbilang cukup unik juga, air terjun ini berada di tepi jalan. Jadi enggak perlu masuk ke dalam hutan. Kayak air terjun pada umumnya," ucap Datuk Mahmudanil, seorang solo traveller asal Kota Medan, Senin (18/1/2021).

Lokasi persis air terjun ini berada di Desa Huta Ginjang, sekitar setengah jam jarak tempuh dari Tomok dengan mengendarai kendaraan pribadi.

"Informasinya pun, nama air terjun ini diberikan oleh warga sekitar. Meski demikian disekitaran air terjun ini tidak ada rumah warga," ujar Datuk.

Sementara itu, tepat di bawah air terjun, terdapat dua pondok dengan arsitektur seperti rumah adat Batak yang dipagari besi. Satu diantaranya pondok merupakan sumur.

"Air sumur ini biasanya digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan pondok yang satunya merupakan tempat duduk sederhana," ujar Datuk.

Selain sebagai sumber air minum, sumur yang berada di salahsatu pondok yang terletak di bawah air terjun juga diyakini sebagai tempat yang sakral.

Bagi pengunjung asal Kota Medan yang tertarik mengunjungi lokasi air terjun ini, akan menempuh waktu enam jam perjalanan darat dengan jarak 232 kilometer. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved