Breaking News:

TRIBUN-MEDAN-WIKI: Menilik Tradiasi Merkottas pada Etnis Pakpak

Dikutip dari Jurnal Unimed, upacara Merkottas (upacara menebang pohon) bertujuan agar penguasa alam tidak menyalahi apa yang dilakukan masyarakat.

HO/Steemitcom
Rumah adat suku Pakpak di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Indonesia banyak melahirkan tradisi-tradisi pesta adat di masing-masing daerahnya.

Hal ini karena Indonesia merupakan negara yang memiliki kemajemukan budaya serta adat istiadat. Satu di antara pesta adat etnis Pakpak, yakni Merkottas.

Dikutip dari Jurnal Unimed, upacara Merkottas (upacara menebang pohon) bertujuan agar penguasa alam tidak menyalahi apa yang dilakukan masyarakat.

Bagi masyarakat Desa Kecupak I, Pakpak, ada aturan-aturan khusus dalam menjaga konservasi lingkungan.

Terutama dalam kegiatan yang berhungan langsung dengan alam. Baik itu sedang melakukan perpindahan ladang, maupun pengelolaan hutan kemenyan.

Sementara, dikutip dari artikel Kemendikbud, upacara Merkottas adalah upacara dalam rumah tangga untuk setiap mengawali sesuatu kegiatan.

Baik itu kegiatan upacara pertanian, perkebunan, mendirikan rumah, menyadap kemenyan dan kegiatan lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Bisa juga dalam satu keluarga ada yang mau melakukan pernikahan, berangkat ke kota untuk menuntut ilmu (sekolah), mau merantau dan kegiatan lainnya.

Maka oleh pihak orang tuanya, diberi makan dengan upacara sederhana, yakni upacara Merkottas dalam sebuah keluarga inti tersebut.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved