Breaking News:

Tribun travel

Air Terjun Aek Limut, Objek Wisata Andalan dari Desa Meranti Utara Tobasa

Berada di ketinggian di atas permukaan laut, membuat objek wisata ini mudah diakses lantaran dekat dengan perbatasan Asahan.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
AIR Terjun Aek Limut yang berada di Jalan Sigura-gura, Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBASA - Objek wisata alam selalu diburu para wisatawan, baik itu lokal maupun mancanegara. Apalagi dikawasan wisata tersebut, masih memiliki keindahan, serta kondisi lingkungan yang masih asri.

Seperti halnya objek wisata Air Terjun Aek Limut

Berada di ketinggian di atas permukaan laut, membuat objek wisata ini mudah diakses lantaran dekat dengan perbatasan Asahan.

"Kalau dengar dari cerita kawan-kawan yang satu hobi travel juga, dulunya air terjun ini, belum banyak diketahui orang. Lokasinya dulu ini, ditutupi dengan semak-semak," ucap Jogi, seorang solo traveller asal Kota Medan, Minggu (24/1/2021).

Dikatakan Jogi, setelah kawasan air terjun ini di bersihkan oleh warga sekitar, tak heran air terjun ini menjadi objek wisata andalan di Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

"Pengunjung yang mampir ke sini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ada di wisata ini. Warung-warung makanan dan minum sudah tersedia di sini. Spot foto yang tersedia pun sangat bagus menjadi latar belakangnya," ujar Jogi.

Lokasi Air Terjun Aek Limut ini berada di antara pegunungan dan hutan. Namun demikian, itu tidak menjadi kendala saat pengunjung menuju lokasi air terjun.

Kondisi keadaan jalan di Air Terjun Aek Limut sangat memadai. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti roda dua, maupun roda empat.

Mengunjungi air terjun ini baiknya pagi hari maupun siang hari. Mengapa demikian? Tentu keindahan air terjun ini akan terlihat sangat jelas, dan dapat memukau setiap pengunjung yang melihatnya.

"Kalau mau lebih dekat dengan air terjun, pengunjung akan melewati jalan setapak dari lokasi parkiran. Memang kalau di lihat dari jauh, luar biasa indah memang air terjun ini," ucap Jogi.

Beragam aktifitas bisa dilakukan saat sudah tiba di Air Terjun Aek Limut.

Pengunjung bisa berenang tepat di bawah jatuhnya air dari atas tebing. Tapi harus berhati-hati, bebatuan dan tebing sangat licin.

Air Terjun Aek Limut ini beralamat di Jalan Sigura-gura, Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Saat tiba di kawasan air terjun ini, pengunjung tidak akan dipungut biaya apapun, alias gratis. Tapi, untuk perkir kendaraan, pengunjung harus membayarnya.

Bagi pengunjung yang tertarik mengunjungi air terjun ini, khususnya pengunjung dari pusat Kota Medan, akan menempuh perjalanan darat lebih kurang lima jam 30 menit dengan jarak 249 kilometer. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved