Breaking News:

Wisata Komplet Air Terjun Sigura-gura, Mulai Rafting, Panjat Tebing, hingga Berkemah

landscape alam kawasan Sigura-gura sangat indah dengan alam berbukit-bukit dan terdapat pula lembah, tebing batu, jurang, celah gunung

TRIBUN MEDAN / Muhammad Anil Rasyid
Air Terjun Sigura-gura yang berada di Halado, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara. 

Laporan wartawan Tribun Medan / Muhammad Anil Rasyid

TRIBUN-MEDAN.com, TOBA - Debit Air Terjun Sigura-gura yang deras, kerap kali dimanfaatkan menjadi ajang kompetisi olahraga air seperti rafting.

Dengan ketinggian lebih kurang 250 meter, Air Terjun Sigura-gura tercatat sebagai air terjun tertinggi di Indonesia.

Keberadaan air terjun ini tepat di Halado, Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Kawasan Sigura-gura juga merupakan daerah Bukit Barisan. Oleh karena itu, landscape alam kawasan Sigura-gura sangat indah dengan alam berbukit-bukit dan terdapat pula lembah, tebing batu, jurang, celah gunung maupun kawasan hutan yang asri serta hijau.

"Memang kalau datang ke sini enggak nyesal. Selain air terjunnya yang indah, alamnya, bukit-bukit, serta hutannya tak kalah menarik juga," ujar Hafiz Ali, seorang pemandu wisata asal Kota Medan, Minggu (31/1/2021).

Sambung Hafiz, saat berada di sekitar air terjun ini, pengunjung diharapkan untuk berhati-hati. Karena tebingnya yang terjal dan licin.

Di lokasi wisata ini, banyak wisatawan yang memanfaatkan momen liburan di area air terjun ini dengan berfoto-foto dengan background air terjun dan pemandangan alami sekitarnya.

"Yang menjadi daya tarik itu di sini, ya itu foto berlatarbelakangkan air terjun yang tinggi ini. Tapi tetap hati-hati, di sini batunya licin-licin," ujar Hafiz.

Bergaram aktivitas bisa dilakukan di sini, yang tak kalah menantang yaitu panjat tebing. Namun aktivitas ini terbilang berbahaya karena pengunjung harus menaiki tebing bebatuan yang tinggi dan licin.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved