Breaking News:

Tribun travel

Pesona Air Terjun Simanimbo, Turun dari Atas Tebing dan Mengalir Langsung ke Bendungan Sigura-gura

Air terjun ini yang memiliki debit air yang cukup deras, turun dari atas tebing dan mengalir jatuh langsung ke danau bendungan Sigura-gura.

TRIBUN MEDAN/M ANIL
AIR terjun Simanimbo yang berada di Ambar Halim, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, TOBASA - Air Terjun Simanimbo atau biasa yang dikenal dengan Simanimbo Waterfall merupakan air terjun yang betingkat empat yang berada di Ambar Halim, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Air terjun ini yang memiliki debit air yang cukup deras, turun dari atas tebing dan mengalir jatuh langsung ke danau bendungan Sigura-gura.

"Airnya ini langsung jatuh ke dalam bendungan Sigura-gura ini. Keindahan air terjun ini kian bertambah saat matahari mulai terbenam. Pengunjung bisa menikmati pemandangan itu dari atas jembatan yang berada tepat di depan air terjun," ujar Rudi Chandra, pengunjung Simanimbo Waterfall, Kamis (4/2/2021).

Lanjut pria yang disapa Rudi ini, Air Terjun Simanimbo merupakan air terjun bertingkat empat yang mana pada tingkatan pertama memiliki ketinggian yang cukup tinggi.

"Pada tingkatan pertama, air terjunnya terlihat seperti air terjun kembar. Karena air terjunnya terbagi menjadi dua," ujar Rudi.

Kemudian, air terjun tersebut menyatu di dalam kolam yang berada dibawahnya dan airnya mengalir melewati celah-celah bebatuan.

Di sebelah Air Terjun Simanimbo terdapat sebuah tangga besi yang biasanya digunakan penjaga bendungan untuk memantau air yang masuk ke dalam bendungan.

"Tangga ini juga dapat digunakan pengunjung untuk mencapai tebing tingkat pertama air terjun. Ada sebuah bati besar dan lebar, sehingga kadang-kadang dijadikannpengunjung untuk bersantai sambil memandangi air terjun," ujajr Rudi.

Air Terjun Simanimbo masih sangat bersih dan sepi dari pengunjung. Mungkin karena keberadaannya yang belum banyak diketahui masyarakat umum.

"Hingga saat ini yang sering mengunjungi Ir terjun ini, hanya masyarakat sekitar saja. Tapi bukan berarti tidak ada yang datang dari luar kota kemari tidak ada pengutipan apapun," ucap Rudi.

Sarana dan prasarana wisata di tempat ini pun tidak tersedia karena tidak ada pengelolaan apapun terhadap air terjun ini. 

Bagi pengunjung asal pusat Kota Medan yang tertarik mengunjungi lokasi Air Terjun Simanimbo,  akan menempuh perjalanan darat lebih kurang enam jam dengan jarak tempuh sekitar 229 kilometer. (cr23/tribun-medan.com/tribunmedan.id)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved