Breaking News:

Merasa tak Diperhatikan, Puluhan Penyandang Eks Kusta Lau Simomo Datangi Kantor Dinas Sosial Sumut

UPT Pelayanan Sosial Lau Simomo, Hutasimalem disebut menelantarkan puluhan warga yang seharusnya mendapatkan kesejahteraan hidup dari pemerintah. 

TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM
TOKOH masyarakat eks kusta Lao Simomo Hutasimalem, Toba Syamsul saat diwawancara di Kantor Dinas Sosial Sumut Jalan Sudirman Medan, Senin (15/2/2021). Mereka berunjuk rasa lantaran mengaku tak mendapat perhatian dari Dinas Sosial Sumut. 

TRIBUN MEDAN.com, MEDAN - Puluhan penyandang eks kusta Lau Simomo, Hutasimalem, Laguboti, Kabupaten Toba mendatangi Kantor Dinas Sosial Sumatra Utara, Jalan Sampul Medan, Senin (15/2/2020). 

Mereka datang dari Hutasimalem dengan menyewa bus, khusus untuk menanyakan nasib kelangsungan hidup yang selama ini dijanjikan pemerintah, tidak seperti kenyataan.

Sebelumnya hal yang sama sudah dua kali mereka melakukan di Kantor Dinas Sosial Sumut.

Lantaran tak juga mendapat respon, para penyandang eks kusta itu pun kembali berunjuk rasa. Tidak hanya kepala keluarga, kali ini para istri dan anak juga ikut berunjuk rasa. 

Dinas Sosial, melalui UPT Pelayanan Sosial Lau Simomo, Hutasimalem disebut menelantarkan puluhan warga yang seharusnya mendapatkan kesejahteraan hidup dari pemerintah. 

Tokoh masyarakat eks kusta, Syamsul mengatakan, bahwa pada tahun 2014 lalu ada perjanjian dengan Dinas Sosial Sumut, usai ada peralihan dari Dinas Kesehatan.

Namun, berdasarkan pengakuan mereka, hingga kini belum ada warga yang menerima apapun dari Dinas Sosial. 

"Tapi alhamdulillah kenyataannya di lapangan kami dibinasakan," kata Syamsul, Senin di Kantor Dinas Sosial.

Menurutnya, selama ini warga sudah merasakan hidup susah, ditambah lagi dengan dampak pandemi covid-19. Warga eks kusta menilai pemerintah seakan tutup mata tidak memberikan perhatian kepada mereka.

"Hidup kami susah, nasib kami tidak jelas," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved