Breaking News:

TRIBUN-MEDAN-WIKI: Menilik Haroan Bolon Tarian Kolosal Asal Simalungun

Haroan Bolon merupakan tarian kolosal yang menceritakan tentang rangkaian proses kerja di sawah

TRIBUN MEDAN / HO
Tarian Haroan Bolon dari Simalungun 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN-WIKI.com - Beragam tradisi yang lahir di Sumatera Utara, baik tradisi upacara adat maupun tradisi kesenian yang tak terlepas dari nilai adat. Satu di antaranya Haroan Bolon, merupakan tarian tradisi yang berkembang dan berasal dari suku Simalungun.

Dilansir dari artikel yang dimuat Perpustakaan ISI Yogyakarta, Minggu (21/2/2021), Haroan Bolon merupakan tarian kolosal yang menceritakan tentang rangkaian proses kerja di sawah mulai dari pembibitan, menanam benih, perawatan, panen, hingga pada proses menumbuk padi menjadi beras.

Tradisi ini merupakan tarian yang diciptakan pada tahun 1959, oleh Tuan Taralamsyah Saragih.

Latar belakang terciptanya tarian tersebut berawal dari lagu tradisional berjudul Haroan Bolon.

Kemudian, karya tersebut dinamakan Tarian Haroan Bolon.

Tarian Haroan Bolon ini menceritakan tentang bertani karena tanah Simalungun sangat erat dengan bertani dan bercocok tanam.

Namun, secara visual terdapat perbedaan, dalam tarian ini penata menggunakan gerakan hasil pengembangan dari tari tradisi Batak Simalungun.

Lalu, kostum yang sudah mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan koreografi. Secara bentuk penyajian penata menggunakan gerak simbolis representasional sehingga gerak yang divisualisasikan ada yang disampaikan secara simbolis saja.

Sementara, dikutip skripsi yang diterbitkan Universitas Sumatera Utara, masyarakat Simalungun di Raya Kahean lebih umum menggunakan kata Marharoan Bolon.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved