Breaking News:

Update Covid19 Sumut 23 Februari 2021

59 Ribu Warga Medan dan Deliserdang Terdampak Covid-19 Terima Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos

Kepala Kantor Pos Kota Medan Elan Pramudianyah menyebutkan penyaluran berlangsung dari tanggal 17 sampai 21 Februari.

HO / Tribun Medan
Penyaluran bantuan Program Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19 di Kota Medan pada tahun 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penyaluran realisasi pembayaran Program Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap XI tahun 2021 di Kota Medan telah mancapai 24.157 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Kantor Pos Kota Medan Elan Pramudianyah menyebutkan penyaluran BST untuk warga terdampak Covid-19 ini berlangsung dari tanggal 17 sampai 21 Februari.

"Tahap 11 itu merupakan tahap kedua ditahun 2021 di Januari dan sekarang di febuari kita salurkan mulai dari tanggal 17 Febuari sampai dengan tanggal 21 Februari 2021 kita salurkan yang berjadwal," tuturnya, Selasa (23/2/2021).

Ia merincikan penyaluran bantuan senilai Rp 300 ribu tersebut sebagai berikut dengan total 7,24 Miliar dengan realisasi 53,69 persen.

"Medan Amplas 1.182 KPM, Medan Area 1.431 KPM, Medan Barat 1.436 KPM, Medan Baru 449 KPM, Medan Belawan 1.825 KPM, Medan Deli 1552 KPM, Medan Denai 652 KPM, Medan Helvetia 2.602 KPM, Medan Johor 0 KPM, Medan Kota 0 KPM, Medan Labuhan 3.264 KPM, Medan Maimun 705 KPM, Medan Meralan 0 KPM, Medan Perjuangan 1399 KPM, Medan Petisah 0 KPM, Medan Polonia 3.702 KPM, Medan Selayang 0 KPM, Medan Sunggal 2.248 KPM, Medan Tembung 0 KPM, Medan Timur 0 KPM, Medan Tuntungan 1709 KPM total 24.157 KPM 53,69 persen," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa penyaluran di Kantor Pos Medan juga melingkupi 14 kelurahan di Deliserdang.

Elan juga menyebutkan bahwa pihaknya akan menargetkan penyaluran 59 ribu lebih KPM yang ada di Medan dan sebagian Deliserdang. 

"Jadi wilayah kita itu semua Kota medan dan sebagian Deliserdang, karena Deliserdang itu dinaungi oleh dua kantor pos besar Tebingtinggi dan Medan sebagian wilayah deliserdang. Kita bayarkan di 12 kecamatan jadi dalam 5 hari ini sekitar 59 ribu keluarga penerima manfaat kita salurkan bantuan sosial tunai," ungkapnya.

Ia menuturkan pada tahap 10 sebelumnya, pihaknya telah berhasil mengeluarkan hingga 97 persen.

"Tahap 10 bulan januari kita sudah daya serap sekitar 98 persen. Jadi memang kondisi 1 persennya ini adalah orang-orang kebanyakan yang masih di luar kota terus ada yang memang kpm ada yang statusnya meninggal," bebernya.

Lebih lanjut, Elan menjelaskan bahwa untuk detail penyaluran dapat diakses secara transparan oleh masyarakat.

"Kita ada detailnya kami penyaluran ini dilakukan secara transparan dan bisa diakses oleh siapapun yang berkepentingan baik itu pemerintah maupun KPM. Serta ada nama-nama misalnya yang belum mengambil ini bisa diakses pihak kelurahan pihak tenaga pendamping sosial kecamatan," bebernya.

Elan menerangkan untuk warga yang sakit dan jompo akan diantarkan langsung ke rumah. 

"Jadi kalau ada yang sakit itu kita antar, karena itu bagian dari tugas kita. Dan tidak ada potongan sama sekali dan sesuai program dari pemerintah dan arahan kementerian sosial bahwa masyarakat ini jadi dibelikan rokok uang bantuan sosial ini. Jadi harus untuk kebutuhan pokok terutama untuk menunjang kehidupan sehari-hari dimasa covid 19," ungkapnya. 

Ia mengungkapkan bahwa untuk titik bayar di lokasi akan disesuaikan dan menggunakan protokol kesehatan 

"Titik bayar kami menyesuaikan dengan yang pertama menyesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang dibayarkan di kantor pos ada yang dibayar di komunitas, seperti jambur aula atau misalnya contoh di kecamatan polonia atas inisiatif kerjasama dengan kevamatan dibayarkan di CBD. Karena memang kita menerapkan protol covid jadi harus kita patuhi dengan kerja sama ini dengan babinsa babinkatimas berjalan lancar pembayaran dilakukan secara berjadwal dan protokol ketat," pungkasnya. 

(vic/tribunmedan.com) 
 

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved