Breaking News:

Harga Kebutuhan Pokok Turun, Sumut Berpeluang Cetak Deflasi

Jika berkaca kepada tren perkembangan harga belakangan ini, komoditas cabai dan bawang harganya sudah berada dalam rentang angka yang ideal.

TRIBUN MEDAN/LISKA
PEDAGANG ayam sedang melayani pembeli di Pasar Sei Sikambing. Secara akumulasi sembako di Sumut menciptakan tren penurunan harga selama Februar 

Tribun-medan.com, Medan - Harga beberapa kebutuhan pokok pada bulan Februari mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.

Penurunan harga tersebut terjadi pada kebutuhan seperti bawang merah, ayam, telur, cabai merah dan beberapa lainnya.

"Harga beberapa kebutuhan pokok pada bulan Februari ini memang menurun ya. Tapi dari sekian banyak kebutuhan pokok, harga bawang putih terpantau mengalami kenaikan," ujar Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Minggu (28/2/2021).

Dikatakannya, harga bawang putih rata-rata naik 2 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kendati demikian, secara rata-rata harga bawang putih dalam dua bulan terakhir masih bertahan di kisaran Rp 25 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga daging ayam yang pada dasarnya masih bertahan mahal selama dua bulan terakhir ini di atas Rp 33 ribu per kilogram, pada Februari turun sekitar 4,5 persen.

"Telur ayam juga sama, mengalami penurunan sekitar 5 persen di bulan februari ini," ujarnya.

Kebutuhan pokok seperti cabai rawit dan cabai merah dikatakannya selama dua pekan terakhir mengalami penurunan yang sangat tajam. Rata-rata pada bulan Februari harga cabai merah turun sekitar 8 persen.

"Cabai merah turun sekitar 8 persen dan cabai rawit harganya turun sekitar 5,6 persen. Komoditas cabai ini akan menjadi penyumbang deflasi yang paling besar di bulan Februari ini," ujarnya.

Untuk bawang merah, harganya secara rata-rata juga mengalami penurunan. Dimana bawang merah turun sekitar 4 persen dan harga minyak goring turun sekitar 3 persenan.

"Jadi secara akumulasi sembako di Sumut menciptakan tren penurunan harga selama Februari," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved