Breaking News:

TRIBUNWIKI

Di Balik Nama Gundaling Berastagi, Ada Kisah Sedih Tentang Percintaan yang Tak Direstui

Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu ada seorang pemuda berkebangsaan Inggris, yang tinggal di daerah Berastagi sebagai penyebar agama nasrani.

TRIBUN MEDAN/ Gita Nadia Putri
Wisatawan saat berada di Gundaling 

Dibalik Nama Gundaling Berastagi, Ada Kisah Sedih Tentang Percintaan yang Tak Direstui

TRIBUN-MEDAN.com - Gundaling menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi baik lokal maupun internasional.

Terletak di Berastagi, Kabupaten Karo, Gundaling kerap menjadi tempat rekreasi karena menawarkan pemandangan alam yang indah.

Gundaling ternyata menyimpan kisah sedih dibalik namanya.

Beragam versi arti nama Gundaling menyebar di masyarakat Karo secara turun temurun, namun nama Gundaling sendiri dipercaya sudah ada sejak zaman sebelum Indonesia Merdeka.

Ada beberapa kisah yang menceritakan tentang asal muasal nama Gundaling, namun kisah yang paling populer yakni kisah tentang cinta perempuan lokal dan orang asing yang tidak direstui.

Seorang warga Berastagi, Cindy Br Tarigan (28) mengatakan ia pribadi mengetahui asal muasal nama Gundaling, dari kisah seorang gadis Karo yang memadu cinta dengan lelaki asing penyebar agama, namun tidak direstui oleh keluarga si wanita.

Wisatawan berfoto bersama dengan keluarganya dengan latar belakang Gunung Sinabung, beberapa waktu lalu. Saat ini Bukit Gundaling masih menjadi pilihan keluarga sebagai tempat berlibur.
Wisatawan berfoto bersama dengan keluarganya dengan latar belakang Gunung Sinabung, beberapa waktu lalu. Saat ini Bukit Gundaling masih menjadi pilihan keluarga sebagai tempat berlibur. (TRIBUN MEDAN)

"Aku pernah dengar dua versi pertama yang paling populer itu, cerita tentang kisah cinta yang tidak direstui.

Kedua tentang seorang tentara asing yang kehilangan senjata kesayangannya sampai mencari ke lokasi di Gundaling tapi tetap tidak ketemu, dan akhirnya dia menulis Gun Darlring di bukit Gundaling. Tapi karena pengucapan sulit, jadi disingkatlah sama warga sekitar jadi Gundaling," katanya, kepada tribunmedan.com, Sabtu (6/3/2021).

Meski demikian, kata Cindy kisah asal muasal nama Gundaling paling populer di masyarakat, memang tentang dua sejoli yang tidak direstui hubungannya. Cerita itu pun banyak dipercayai masyarakat sekitar sebagai asal muasal nama Gundaling.

Halaman
123
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Ayu Prasandi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved