Breaking News:

Penjualan Ikan Arwana Super Red Melonjak 50 Persen, Dipercaya Bisa Bawa Hoki

penjualan Arwana Super Red mengalami peningkatan penjualan hingga 50 persen dengan penjualan puluhan ikan setiap bulannya

TRIBUN MEDAN
Pemilik Toko Ikan Hias, Bonavide Aquarium saat menunjukkan koleksi Arwana Super Red, Minggu (7/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN,com, MEDAN - Ikan hias kian digemari di tengah pandemi hingga saat ini. Ternyata tidak hanya ikan cupang, ada juga ikan yang tergolong cukup mahal diantaranya Ikan Arwana berjenis Super Red.
Penjualan Ikan Arwana Super Red mengalami peningkatan pesat pada awal tahun 2021 terlebih di saat pandemi Covid-19.

Pemilik Bonavide Aquarium Tetap Jaya, di Jalan MY Yamin, Yeni mengungkapkan, penjualan Arwana Super Red mengalami peningkatan penjualan hingga 50 persen dengan penjualan puluhan ikan setiap bulannya.

"Ikan Arwana ini sudah ngetren selama 60 tahun dan tak akan ketinggalan. Tapi semasa pandemi kira-kira satu tahun ini ada peningkatan sampai 50 persen dari sebelum pandemi karena banyak peminatnya," ungkap Yeni, Minggu (7/3/2021).

Baca juga: Setelah Ikan Cupang, Kini Ikan Arwana Jadi Primadona di Masa Pandemi, Penjualan Tembus 50 Persen

Yeni menjelaskan, untuk Ikan Arwana Super Red ini memiliki memiliki varian harga berdasarkan ukuran, diantaranya ukuran 18-20 cm harga Rp 5 juta, ukuran 20-25 cm harga Rp 6 juta, ukuran 35 cm harga Rp 7,5 juta, dan ukuran 40 cm harga Rp 15 juta.

"Arwana paling mahal ini Super Red dan paling banyak peminatnya. Tapi kalau mengenai ciri khas ini sama saja tergantung selera dan ekonominya," tutur Yeni.

Ada pun pasokan terbesar ikan Arwana di toko Yeni didapatkan melalui peternakan ikan di pulau Kalimantan yang kemudian dijual kembali yang kini sudah menjangkau ke seluruh Indonesia mulai Banda Aceh, Jambi, mau pun Batam melalui jalur darat.

"Pengiriman kita lewat jalur darat dan kita beri oksigen dalam plastik, jadi dalam waktu 24 jam masih oke untuk bisa bertahan hidup," ujarnya.

Masyarakat juga turut antusias untuk mengoleksi ikan Arwana Super Red ini, terlebih bagi beberapa etnis Tionghoa yang mempercayai bahwa ikan Arwana turut membawa hoki.

Ahung, pengunjung yang sedang melihat koleksi ikan hias di beberapa toko di sekitaran Jalan MH Thamrin Medan mengaku turut mengikuti tren dengan membeli ikan Arwana yang ia letakkan di ruang tamu miliknya.

"Ini Ikannya unik dan cantik penampilannya makanya saya letakkan di ruang tamu. Kalau Super Red Arwana saya ada punya dua yang masih anakan, itu menantu saya yang koleksi juga di rumah. Memang harganya ini cukup mahal tapi namanya kan hobi, kita lihat dan rawat segar pikiran jadinya," kata Ahung.

Selain Arwana Super Red, Ikan Arwana memiliki beragam jenis seperti Yellow Red mau pun Golden Red.
Yeni menuturkan, merawat Arwana cukup mudah asal rutin diperhatikan kondisinya, diantaranya harus rajin mengganti air di aquarium.

"Kebanyakan Ikan Arwana ini mati karena air jarang sekali diganti kadang dibiarkan tiga sampai empat bulan dibiarkan padahal dua minggu sekali air itu harus diganti. Kemudian juga harus ada penutup atas aquarium, kadang mau dia loncat keluar aquarium," ujar Yeni.

"Kalau untuk makanan satu hari dua kali kita beri. Kalau di sini kita kasih makan itu udang hidup sama lipan saja," pungkasnya.

Penulis: Kartika Sari
Editor: Eti Wahyuni
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved