Gebrakan Bobby Nasution

Kadis PU Kota Medan Salahkan Warga yang Rumahnya di Atas Parit, Mengaku Sulit Lakukan Normalisasi

Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengaku akan terus melakukan normalisasi parit guna mengatasi banjir di Kota Medan

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Array A Argus
TRIBUN MEDAN
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution saat meninjau pengorekan massal parit Sulang Saling di Jalan Pasar dan Jalan Bilal Ujung, Kecamatan Medan Timur, Sabtu (13/3/2021).(TRIBUN MEDAN/RECHTIN) 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau pengorekan massal parit sulang saling di Jalan Pasar dan Jalan Bilal Ujung, Kecamatan Medan Timur, Sabtu (13/3/2021).

Dalam peninjauan tersebut, Bobby didampingi Camat Medan Timur Odi Batubara, Kepala Dinas PU Medan Zulfansyah Ali Syahputra dan beberapa pimpinan OPD lainnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan, Zulfansyah Ali Syahputra mengatakan selama ini normalisasi parit sulang saling terkendala sulitnya alat berat untuk masuk ke kawasan permukiman.

Baca juga: Dikawal Paspampres, Wali Kota Medan Tinjau Parit Sulang Saling yang Bakal Antisipasi Banjir di Medan

Zulfansyah menyalahkan warga yang rumahnya berdiri di atas parit.

"Sekarang inikan kita cerita normalisasi. Tapi kadang-kadang ada perumahan di atas parit yang menyulitkan kita untuk melakukan pengorekan. Tadi kita sudah koordinasi dengan pak camat jadi kita monitor terus sumbatan-sumbatan akibat dari bangunan yang ada di saluran tersebut," ujar Zulfansyah, Sabtu (13/3/2021).

Zulfansyah mengatakan, jika penertiban bisa dilakukan, maka sedimentasi yang menghambat aliran parit bisa teratasi.

"Kalau bisa nanti ditertibkan sehingga bisa normalisasi pemukiman tersebut. Jadi tadi ada wacana alat berat ini masuk ketika ada ruang. Ruang tersebut tentu butuh pembebasan ya karena itu lahan-lahan warga, sekitar sempadan saluran tersebut," tuturnya.

Baca juga: Mantu Presiden Jokowi Masuk Lokasi Hiburan Malam Dengarkan Dentuman Musik, Lakukan Ini ke Pengelola

Sebelumnya, Bobby Nasution mengatakan secara berkesinambungan akan dilakukan pengorekan massal parits sulang saling yang melintasi lima Kecamatan di Kota Medan.

Yakni Kecamatan Medan Amplas di Jalan Selamat Pulau, Kelurahan Sitirejo III, Medan Timur (Jalan Veteran, Jalan I sampai Jalan IV, serta Jalan Bilal), Medan Denai (Jalan HM Joni, Kelurahan Binjai), Medan Perjuangan (Jalan Mabar Kelurahan Si Kera Hilir II) serta Medan Area (Jalan Asia Raya Komplek Asia Mega Mas).

"Pengorekan massal parit Sulang Saling ini akan dilakukan berkesinambungan, kita mulai hari ini, dan terus berlanjut ke depannya," ujar Bobby saat ditemui usai peninjauan di Jalan Bilal Ujung, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: TEGAS Bobby Nasution Berkata Ini kepada Kepling, Lurah dan Camat saat Bertemu Nek Syarifah

Dikatakannya, dari hasil peninjauan tersebut, terdapat pengendapan atau sedimentasi di dalam parit Sulang Saling setinggi dua meter.

Sehingga, dari total kedalaman yang ada, kata Bobby, parit hanya mampu menampung air dengan kedalaman satu meter.

"Tadi kita meninjau pengorekan di parit kita parit Sulang Saling karena sedimentasi sudah tinggi dan sebenarnya tidak terlalu lama kurang lebih satu atau dua tahun lalu dibersihkan. Padahal kedalamannya sampai 3 meter, tapi sekarang hanya bisa menampung air sebanyak 1 meter dan sedimentasi nya sudah sampai 2 meter," jelasnya.

Dengan dikawal Paspampres, Bobby mengatakan dalam proses pengorekan, harus dilakukan pembebasan lahan warga.

Baca juga: Ombudsman RI Bakal Panggil Mantu Presiden Jokowi, Ternyata Gegara Masalah Ini

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved