Breaking News:

BBM di Sejumlah SPBU Tanah Karo Langka

Bahkan, di SPBU tersebut terlihat tutup dan para petugas SPBU tampak hanya duduk-duduk saja di seputar mesin pengisian BBM. 

Nasrul / Tribun Medan
Salah satu SPBU di kawasan Kecamatan Berastagi tampak tutup karena kehabisan pasokan BBM, Minggu (14/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Beberapa hari terakhir, pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Karo cukup langka. Dari beberapa jenis BBM yang ada, terpantau jenis solar yang mengalami kelangkaan yang cukup parah. 

Namun, berdasarkan amatan www.tribun-medan.com di beberapa SPBU tak hanya solar saja yang habis, bahkan semua jenis BBM tak jarang semuanya kosong. Akibat dari kelangkaan BBM ini, membuat kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar mengantre hingga mengular ke luar SPBU. 

Dampak antrean yang cukup panjang ini, turut berdampak pada kemacetan arus lalulintas di sekitar SPBU. Dengan ini, untuk menghindari kepadatan arus lalulintas, pihak dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tanah Karo, memberlakukan rekayasa lalulintas. 

Berdasarkan keterangan dari Kanit Lantas Polsekta Berastagi Iptu P Hutahaean, kelangkaan BBM di sejumlah SPBU di Kabupaten Karo khususnya di wilayah Berastagi mulai terlihat sejak beberapa hari terakhir. 

"Ini sudah hampir seminggu BBM di sekitar Kabupaten Karo langka, sehingga menyebabkan antrean dan kemacetan kendaraan yang ingin mengisi minyak," ujar Hutahaean, Minggu (14/3/2021).

Hutahaean menjelaskan, akibat dari kelangkaan BBM ini membuat pengendara mengantre dan tak jarang antrean mengular hingga ke luar SPBU. Dirinya mengatakan, bahkan untuk antrean kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar sempat melebihi satu kilometer.

"Jadi karena banyak yang antre membuat arus lalulintas menjadi padat, sempat juga antrean hingga satu kilometer," katanya. 

Dengan kondisi ini, Hutahaean menjelaskan pihaknya melakukan rekayasa arus lalulintas untuk mengurai kemacetan. Dirinya mengatakan, untuk di seputar Tugu Perjuangan pihaknya melakukan rekayasa lalulintas dengan mengarahkan kendaraan menuju jalur alternatif. 

"Untuk menghindari kemacetan, kita melakukan rekayasa lalulintas. Bagi kendaraan yang ingin mengisi bahan bakar, kita arahkan ke Jalan Gundaling, kemudian mengisi bahan bakar di SPBU tugu juang," ungkapnya. 

Pantauan di beberapa SPBU di sekitar Kabupaten Karo, sejak pagi tadi salah satu SPBU di Kecamatan Kabanjahe dipenuhi oleh masyarakat yang ingin mengisi bahan bakar.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved