Breaking News:

Sebelum ATM Anda Diblokir, Perbankan Minta Nasabah Ganti Kartu Debit ke Chip

"Kita memberitahukan lewat whatsapp dan SMS blast langsung kepada nasabah serta placement pada media digital," pungkasnya.

DOK Humas Bank Mandiri
Bank Mandiri menghimbau agar nasabah segera mengganti kartu debit dari magnetic stripe ke chip seiring kebijakan Bank Indonesia yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100% mulai 1 Januari 2022 sesuai Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia, Jumat (26/3/2021). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Perbankan Indonesia ramai-ramai mendorong nasabahnya untuk segera mengganti kartu ATM lama.

Kartu ATM berbasis magnetic stripe wajib diganti ke kartu ATM berbasis chip sebagaimana kebijakan Bank Indonesia (BI).

Sesuai surat edaran BI No.17/52/DKSP, seluruh kartu ATM/debit yg diterbitkan wajib menggunakan teknologi chip dan pin online 6 digit. BI mewajibkan pergantian kartu ATM nasabah dilakukan sebelum 31 Desember 2021.

Terkait hal tersebut Bank Mandiri mengimbau agar nasabah segera melakukan Kartu Debit berbasis Magnetic Stripe menjadi Chip.

Bank Mandiri menerapkan kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe secara bertahap. 

Bank Mandiri memberi batas waktu penggantian kartu sampai 1 April 2021.

Selanjutnya, pemblokiran ini dilakukan secara bertahap sesuai jadwal yang ditetapkan bank dan berdasarkan kriteria expiry date atau batas masa aktif kartu.

"Bagi pemilik kartu Bank Mandiri yang kadaluarsa pada 2021 hingga 2022 akan diblokir 1 April 2021. Sementara untuk yang berakhir pada 2023-2025 akan diblokir 1 juni 2021. Untuk yang berakhir pada 2026 - 2030 akan diblokir 1 Juli 2021," kata Humas Bank Mandiri Region I/Sumatera I Isnaini, Senin (29/3/2021). 

Ia mengatakan saat ini proses edukasi dan pemberian informasi mengenai cleansing kartu debit magnetic stripe sudah berjalan. 

"Kita memberitahukan lewat whatsapp dan SMS blast langsung kepada nasabah serta placement pada media digital," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved