Breaking News:

Tilang Elektronik di Sumut Ternyata Belum Bisa Berlaku 1 April, Ini Penjelasan Polda Sumatera Utara

Ternyata penersapa sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Sumut belum diberlakukan pada 1 April 2021.

TRI BUN MEDAN/M FADLI TARADIFA
Kasubdit Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Ternyata penersapa sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di Sumut belum diberlakukan pada 1 April 2021.

Seperti yang disampaikan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi bahwa Provinsi Sumut akan melaksanakan e-tilang pada April 2021.

"Saat ini Sumut belum melaksanakan e-tilang. Sumut masuk tahap II untuk penerapan ETLE ini dan akan dilaksanakan mulai April 2021," katanya pada 24 Maret 2021 lalu.

Namun, pihak kepolisian menyebutkan bahwa penerapan e-tilang itu bukan dimulai pada 1 April, meskipun ditargetkan bisa dimulai di Bulan April dengan waktu yang belum dipastikan.

"Bukan (berlaku 1 April), tapi bulan April belum tahu pertengahan bulan atau apa. Pokoknya direncanakan April di Sumatera Utara, tapi dipastikan April. Mudah-mudahan di pertengahan bisa," beber Kasubdit Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada tribunmedan.com, Rabu (31/3/2021).

Ia menerangkan bahwa pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan masih melakukan persiapan.

Kata MP Nainggolan, penerapan e-tilang bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena perlu perincian pekerjaan yang mendetail.

"Masih sedang mengurus persiapan, yang pasti April, belum besok, banyak persiapan. Karena itu harus kerja sama dengan Dishub juga itu peralatannya, kameranya, banyak persiapannya. Tidak segampang itu, perangkat lunaknya, yang mengantar suratnya bagaimana, siapa yang mengantar kalau ada tindakan begitu," tuturnya.

Tilang elektronik ini menargetkan 10 pelanggaran yakni melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak mengenakan sabuk keselamatan, dan mengemudi sambil mengoperasikan ponsel.

Halaman
123
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved