Breaking News:

News Video

Seminggu Jelang Puasa Ramadan, Peziarah di Pemakaman Mandailing Medan Masih Sunyi

Pengelola Perkuburan Mandailing Sei Mati Medan, Ahmad Fauzi Lubis mengatakan angka pengunjung tahun ini menurun drastis.

Seminggu Jelang Puasa Ramadan, Peziarah di Pemakaman Mandailing Masih Sunyi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN -  Sepekan menjelang bulan Ramadan biasanya masyarakat ramai mengunjungi pemakaman. Namun semenjak pandemi Covid-19 angka pengunjung yang melakukan nyekar atau tabur bunga sepi.

Seperti yang terlihat di Tempat Pemakaman Umum Sei Mati Medan, yang berada di Jalan Brigjen Katamso Medan, masyarakat yang berziarah tampak sepi, meskipun seminggu lagi memasuki bulan puasa.

Pengelola Perkuburan Mandailing Sei Mati Medan, Ahmad Fauzi Lubis mengatakan angka pengunjung tahun ini menurun drastis. Berbeda dengan tahun sebelum pandemi. Padahal tahun ini sudah tidak ada larangan untuk melakukan ziarah.

"Sepi kali sekarang. Menurun sekitar 40 persen," katanya saat ditemui di Perkuburan Mandailing Sei Mati Medan, pada Senin, (5/4/2021).

Meski belum banyak yang datang, ia meyakini puncak ramainya adalah hari Minggu mendatang, dimana masyarakat sedang tidak bekerja.

Dari pantauan di lokasi hanya ada beberapa orang yang terlihat memasuki pemakaman untuk melakukan ziarah.

Mereka terbagi ke tiga pemakaman. Masing-masing terlihat membaca doa sambil melihat sebuah buku kecil. Setelah berdoa masing-masing membersihkan makam dari rumput dan daun-daun yang ada di sekitar pemakaman.

Salah satu peziarah, Yadi Kustami yang nampak datang bersama pasangannya mengaku rutin mengunjungi makam sebelum memasuki bulan puasa.

Ia menyempatkan datang untuk mendoakan nenek dan kakeknya yang sudah lama meninggal dunia.

Halaman
12
Penulis: Fredy Santoso
Editor: heryanto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved