Breaking News:

Kapolda Sumut Tambah Fungsi Pos Polisi Ajibata Sebagai Kantor Polisi Pariwisata

Kantor polisi yang dulunya melayani masyarakat kawasan Ajibata kini bertambah tugas untuk melayani dalam bidang pariwisata. 

HO / Tribun Medan
Pembenahan Kantor Polisi Ajibata oleh pihak kepolisian sebelum diresmikan oleh Kapoldasi yang direncakan pada tanggal 9 April 2021. 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – Yang sebelumnya menjadi Kantor Polisi Pos Subsektor Ajibata atau Pos Polisi Pembantu Polsek Lumban Julu, kini fungsinya bertambah sebagai Kantor Polisi Pariwisata Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) karena Danau Toba telah dinobatkan sebagai satu diantara beberapa kawasan wisata super prioritas Indonesia. 

“Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyampaikan agar Kantor Polisi Ajibata menambah pungsinya menjadi Kantor Polisi Pariwisata Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba Dalam rangka mewujudkan Kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas,” ujar Kasubbag Humas Polres Toba saat dikonfirmasi Tribunmedan.id pada Rabu (7/4/2021).

Ia juga menambahkan bahwa Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memerintahkan Polres Toba dan Polres Simalungun untuk membenahi kantor tersebut agar dapat berjalan sesuai pungsinya.

“Anggota kedua Polres tersebut sudah melaksanakan nya mulai tanggal 29 Maret 2021 dan rencananya akan di resmikan oleh Kapoldasu Irjen pol RZ Panca Putra pada tanggal 9 April 2021 mendatang,” sambungnya.

Kantor polisi yang dulunya melayani masyarakat kawasan Ajibata kini bertambah tugas untuk melayani dalam bidang pariwisata. 

“Pariwisata Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba berada di Desa Pardomuan Ajibata, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba untuk mewujudkan Kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas mendapat respon yang baik dari masyarakat pelaku wisata,” lanjutnya.

“Pembenahan Kantor Polisi Pariwisata Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) telah kami laksanakan secara bersama-sama dengan Polres Simalungun dan Pam Obvit Poldasu untuk memenuhi fasilitas sesuai yang di butuhkan sehingga personil polri yang bertugas di kantor tersebut dapat melayani masyarakat dengan baik,” sambungnya. 

Sebagai tambahan, di Indonesia ada 5 destinasi wisata super prioritas yang menjadi fokus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) adalah yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo)

“Danau Toba yang memiliki luas lebih kurang 1.145 kilometer persegi. Danau Toba ini sebenarnya lebih mirip dengan lautan. Danau Toba adalah danau terbesar di Asia Tenggara dan salah satu danau terdalam di dunia,” pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved