Breaking News:

Pemko Siantar Sudah Bolehkan Salat Tarawih Berjemaah Nih, Kota Lain Bagaimana?

Pemko Siantar sudah membolehkan masyarakat, khususnya umat muslim salat tarawih berjemaah di masjid

TRIBUN MEDAN/ALIJA
Rapat Koordinasi Persiapan Bulan Suci Ramadhan dan Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H di Ruang Data Pemerintah Kota (Pemko) Siantar, Rabu (7/4/2021) siang.(TRIBUN MEDAN/ALIJA) 

TRIBUN-MEDAN.com,SIANTAR--Pemerintah Kota Siantar sudah  mengizinkan pelaksanaan ibadah salat tarawih berjemaah selama Ramadhan 1442 Hijriah, yang akan berlangsung mulai minggu depan.

Pemko Siantar mengizinkan kegiatan ibadah ini dengan syarat harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Adapun keputusan ini diambil berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Persiapan Bulan Suci Ramadhan dan Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H di Ruang Data Pemerintah Kota (Pemko) Siantar, Rabu (7/4/2021) siang.

Baca juga: Panduan Niat dan Bacaan Sholat Tarawih di Rumah, Lengkap Sebagai Imam, Berjemaah hingga Salat Witir

Pada rapat ini, Wali Kota Siantar Hefriansyah mengatakan, karena saat ini situasi masih dilanda pandemi Covid-19, dia meminta agar umat muslim yang melaksanakan iabadah salat tarawih tidak mengabaikan protokol kesehatan. 

"Semoga aktivitas ibadah kita di bulan Ramadan bisa kita laksanakan dengan baik, kusyuk, dan tidak lepas dari protokol kesehatan," ujar Hefriansyah.

Dia mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2021 terkait Panduan Ibadah di Bulan Ramadhan dan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Baca juga: Pemerintah Sudah Bolehkan Lagi Salat Tarawih dan Salat idul Fitri Berjemaah, Simak Penjelasannya

Surat edaran tersebut bertujuan memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi masyarakat dari resiko Covid-19.

"Ibadah Ramadan dalam kondisi pandemi hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan ibadah, baik ibadah vertikal maupun horizontal,"

"Ibadah Ramadan bukan hanya kemaslahatan individual, tetapi ada kemaslahatan sosial yang harus diperhatikan,"

"Umat dituntut menjaga keselamatan diri, keluarga, teman, bangsa, dan negara," terangnya.

Baca juga: Sandiaga Uno Akan Salat Berjamaah Bersama Wali Kota Medan di Masjid Lama Gang Bengkok

Senada disampaikan Plt Kabag Kesra Pemko Siantar Farhan Zamzami.

Katanya, Pemko Siantar sudah membolehkan umat Islam menjalankan salat tarawih berjemaah seperti sediakala.

Sedangkan untuk salat Idul Fitri, kata Farhan mengatakan, meski dibolehkan, namun dilaksanakan di masjid masing-masing. Tidak di lapangan terbuka.

Turut hadir dalam rapat tersebut antara lain, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pematangsiantar diwakili Rafii Nasir, Ketua PD Muhammadiyah Sailan Nasution, Ketua NU diwakili Imran Simanjuntak. 

Selanjutnya ada Ketua Al-Washliyah Suriyatno, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Muhammad Natsir Armaya Siregar, Ketua BKPRMI Faidil Siregar, Ketua BKMT Ernayati Saragih, serta Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar Daniel Siregar.(alj/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Array A Argus
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved