Breaking News:

TRIBUNWIKI

Ada Cerita Cinta Yang Menyedihkan di Balik Lagu Piso Surit, Sudah Ada Sejak Pemerintahan Soekarno

Bahkan lagu ini pernah diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 1960 yang dibintangi oleh Mieke Wijaya dan Ahmadi Hamid.

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Ayu Prasandi
TRIBUN MEDAN/GITA NADYA
Tarian Poso Surit 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN-  Lagu Piso Surit buah karya Komponis Nasional asal Karo Djaga Depari, barangkali sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

Lagu berbahasa Karo yang juga memiliki tarian khusus ini, bukan hanya dinyanyikan oleh penyanyi lokal saja, melainkan kerap dinyanyikan dalam acara-acara nasional dan internasional, hingga banyak pula yang mengarasemen dan menyanyikannya di youtube.

Bahkan, beberapa sumber menyebutkan  di masa Pemerintahan Sukarno, lagu Piso Surit sering dibawakan pada acara-acara nasional mapun international dalam pertunjukkan budaya.

Bahkan lagu ini pernah diadaptasi menjadi sebuah film pada tahun 1960 yang dibintangi oleh Mieke Wijaya dan Ahmadi Hamid.

Baca juga: HOTMAN Sindir Hotma Sitompul Pakai Banyak Pengacara Lawan Dirinya, Anggap Suami Desiree Kewalahan

Lantas apa arti atau pesan yang ada di dalam lagu itu, sehingga begitu digemari. Dilansir dari berbagai sumber, menyebutkan kalau lagu piso surit menceritakan tentang penantian seorang lelaki kepada wanita yang amat dicintainya.

Penantian itu pun sangat lama dan menyedihkan, sehingga sang komposer pun mengibaratkan penantiannya itu seperti suara burung pincala atau burung piso surit.

Sebenarnya, dalam bahasa Kari Piso berarti pisau sehingga tidak sedikit orang yang mengira bahwa lagu Piso Surit, merupakan nama sejenis pisau khas suku Karo. 

Padahal sebenarnya Piso Surit adalah kicau burung pincala. Kicau burung ini bila didengar secara seksama sepertinya sedang memanggil-manggil dan kedengaran sangat menyedihkan.

Apabila diartikan ke bahasa Indonesia, maka ada benarnya bahwa lirik lagu Piso Surit ini memang tentang seseorang  yang menanti kedatangan kekasihnya, berikut artinya.

Tarian Poso Surit
Tarian Poso Surit (TRIBUN MEDAN/GITA NADYA)

Piso Surit

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved