Breaking News:

Ramadhan 2021

Ramadhan 1442 H, Masjid Raya Aceh Sepakat Medan Bagikan 200 Porsi Bubur Kanji Khas Aceh

Di bulan penuh berkah Ramadhan 1442 H, Badan Kenaziran Masjid Raya Aceh Sepakat membagikan 200 porsi Bubur Kanji khas Aceh untuk menu berbuka puasa

Penulis: Aqmarul Akhyar | Editor: Juang Naibaho
tribun-medan.com/Aqmarul Akhyar
Pembagian bubur kanji khas Aceh untuk menu berbuka puasa pada bulan Ramadhan 1442 H, di Masjid Raya Aceh Sepakat, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (14/4/2021). 

Laporan Reporter Tribun Medan/Aqmarul Akhyar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Di bulan penuh berkah Ramadhan 1442 H, Badan Kenaziran Masjid Raya Aceh Sepakat membagikan 200 porsi Bubur Kanji khas Aceh untuk menu berbuka puasa warga Medan.

Menurut Ketua Badan Kenaziran Masjid Raya Aceh Sepakat, Achmad Basri (70), mengatakan, ditiadakannya buka puasa bersama, digantikan pembagian Bubur Kanji dikarenakan negara sedang pandemi Covid-19.

Achmad Basri meyampaikan, Badan Kenaziran Masjid Raya Aceh Sepakat tetap mengikuti aturan pemerintahan terkait menjaga protokol kesehatan.

Karena itulah, pihak Masjid Raya Aceh Sepakat tidak menyajikan nasi kari untuk acara buka bersama. Melainkan menyediakan bubur kanji khas Aceh yang berasal dari daerah Pidie.

"Awal pandemi tahun lalu kita juga tidak menggelar buka bersama. Hanya saja, di tahun lalu, pihak BKM Masjid Raya Aceh Sepakat membagikan 50 bungkus bubur kanji yang merupakan bubur khas Aceh," ujarnya di Masjid Raya Aces Sepakat, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Rabu (14/4/2021).

Ia menuturkan, jika pada tahun lalu bubur kanji hanya dibagikan kepada warga secara terbatas, kali ini dibagikan sekitar 200 bungkus bagi siapa saja yang mau.

"Jadi kita buat agak banyak sedikit, agar siapa yang minat bisa terbagi dan masyarakat dapat datang ke mari. Jadi, suda kita bungkus buburnya. Untuk tahun ini 200 porsi bubur kanji kita bagikan," tuturnya.

Ia mengatakan pada hari pertama Ramadhan 1442 H antusiasme warga cukup tinggi.

Melihat hal tersebut, BKM Masjid Raya Aceh Sepakat akhirnya menambah porsinya pada hari kedua ini.

"Kalau kita lihat kurang 200 porsi di hari pertama, maka nanti hari berikutnya kita akan tambah lagi," tuturnya.

Sementara itu, Ibu Ayi (53), juru masak bubur kanji khas Aceh ini, menuturkan sudah lima kali Ramadhan menyiapkan menu berbuka puasa ini di Masjid Raya Aceh Sepakat Medan.

Kata dia, bubur kanji ini berasal dari Pidie, Provinsi Aceh. Komposisinya dari rempah-rempah khas Aceh.

"Kalau bahan rempah rempahnya itu rempah bumbu khas Aceh yang sudah dihaluskan. Sementara kalau bahannya terdiri dari beras, daun pandan, daun serai, ayam, dan ada bumbu-bumbu yang dihaluskan," ujarnya.

"Kalau yang membedakan bubur kanji dengan bubur di Masjid Raya Medan, kalau bubur kanji pakai ayam dan terasa karinya. Sementara bubur di Masjid Raya kan tidak pakai ayam," tambahnya.

(cr22/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved